Lihat ke Halaman Asli

euodia suryani

Content Writer

Penggunaan Iklan dalam Dunia Otomotif

Diperbarui: 14 September 2020   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Untuk iklan otomotif bisa menggunakan segala macam alat pemasaran mulai dari iklan cetak tradisional hingga iklan televisi, iklan radio, pemasaran media sosial yang menghasilkan (automotive social leads) dan sebagainya. Mungkin untuk beberapa orang, melihat iklan terus menerus akan membuat jenuh, tetapi ketika orang itu ingin membeli mobil baru, dealer Anda mungkin merupakan penjual pertama yang terlintas dalam pikiran.

Penelitian dilakukan untuk menentukan iklan apa yang berhasil, dan prinsip-prinsip dasar ini dapat diterapkan pada segala hal mulai dari hubungan antarpribadi hingga menjadi komunikator yang efektif. Berpengetahuan tetapi tidak sombong; informasi tapi tidak merendahkan; dan, yang terpenting, pendengar yang baik. Seorang staf penjualan dapat menjawab pertanyaan dengan jujur dan benar, sehingga calon pembeli mobil percaya kepadanya.

Kiat untuk secara efektif menggunakan anggaran pemasaran dan periklanan dealer Anda:

A. Jangan Abaikan Iklan Tradisional

Pertahankan desainer grafis yang ahli untuk mengerjakan iklan cetak Anda. Jangan membanjiri konsumen dengan teks yang tidak relevan; sebaliknya, nyatakan secara ringkas aspek terpenting yang ingin Anda sampaikan kepada publik, apakah Anda sedang mempromosikan obral atau memamerkan kendaraan tertentu.

B. Pemanfaatan media online

Menurut Google, rata-rata, pelanggan terlibat dalam lebih dari 900 interaksi digital dengan dealer sebelum mereka melakukan pembelian.

- Rata-rata, pembeli mobil melakukan 139 browsing di Google sambil meneliti pembelian mereka berikutnya

- Dan dari mereka yang menghabiskan waktu mereka untuk meneliti secara online, 71 persen meneliti harga mobil

- Website 

Pastikan bahwa situs Anda menarik atau mengesankan, rapi dan teratur, dan interaktif, sehingga memudahkan pelanggan untuk membuat janji temu online dan sebagainya.

- Keahlian Media Sosial

Media sosial adalah alat yang ampuh, dan cara yang memungkinkan publik untuk langsung menghubungi dealer Anda dengan pertanyaan, komentar, dan korespondensi lainnya. Ini juga merupakan cara untuk menampilkan ulasan positif dan jujur, serta cara untuk menampilkan kendaraan.

Menyewa seorang ahli untuk mengelola media sosial dealer Anda, dari membangkitkan semangat hingga menciptakan minat atau meluncurkan ajakan bertindak, keahlian media sosial adalah alat ampuh sehingga banyak yang menyadari kehadiran digital dealer Anda.

- Iklan di Internet

Selain memiliki website dan media sosial yang menarik, iklan online bisa sangat efektif; sekitar 63% dealer otomotif membelanjakan anggaran untuk iklan online yang tentunya untuk car buyer leads.

Iklan otomotif masih memakai media televisi, tetapi iklan internet tumbuh dengan cepat. Lebih dari 50% dari semua pengeluaran iklan otomotif. Untuk televisi 54,5% pada 2018, jauh di atas rata-rata global 32,9% di semua kategori. Televisi menjadi saluran untuk menyampaikan citra merek. Namun, peringkat televisi telah turun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline