Lihat ke Halaman Asli

Tips Menyelesaikan Tugas

Diperbarui: 30 Agustus 2021   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Bagi siswa-siswi atau mahasiswa-mahasiswi, kadang ada aja ya waktu-waktu yang dimana rasanya 24 jam itu nga cukup; saking banyaknya tugas. Di sini, saya mau bagi beberapa tips untuk bisa selesaiin semua tugas dengan baik dan tepat waktu.

1. Sekali dapat tugas, langsung dicatat detilnya

Setiap kali kalian dapat tugas baru, langsung dicatat dengan detil. Tugasnya tentang apa, apa yang harus dilakukan, apa yang menjadi penilaian tugasnya, apa yang menjadi sasaran tugasnya, kapan deadline tugasnya, dan lain sebagainya. Jangan remehkan dan pikir: "Ah, masih lama, nanti gampang minta aja sama temen."

Salah besar. Lebih enak kalian udah punya catatan sendiri untuk tugas-tugas kalian. Jadi udah tidak usah lagi minta catatan sama teman. Dijamin deh, rasanya lebih lega.

2. Prioritaskan tugas dari yang paling urgent

Kalau tugas lagi numpuk, coba prioritaskan tugas mana yang paling urgent. Diurutin satu-satu, terus pelan-pelan dikerjain, sesuai dengan dealine masing-masing tugas. Iya, memang tugasnya banyak dan keliatannya waktunya mepet. Tapi pasti bisa, asal dikerjakannya sesuai dengan deadline yang paling cepat datang. 

Terus juga buat deadline sendiri harus selesaiin tugas tertentu kapan. Percayalah, habis kalian buat jadwal untuk tugas-tugas kalian, habis itu rasanya juga akan lebih lega. Karena keliatan kalo tugas kalian itu pasti bisa selesai tepat waktu, atau bahkan mungkin waktunya lebih dari cukup.

3. Jangan panik

Ini pasti jadi salah satu perasaan yang muncul kalo tugas banyak dan deadline numpuk semua. Tapi jangan panik. Kalau panik, tenangin diri dulu. Karena kerja sambil panik antara tidak akan membuahkan hasil, atau tugas yang kalian kerjakan jadinya berantakan dan tidak jelas. 

Jadi kalau panik, pastikan kalian tenangin diri dulu. Iya, akan buang waktu lagi. Tapi itu akan menjadi jauh lebih efektif dibandingkan dengan mengerjakan tugas-tugas kalian dalam kondisi panik.

4. Gunakan waktu sebaik mungkin

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline