Lihat ke Halaman Asli

Ericha Cahya Abdillah

Mahasiswa IAIN Kediri

Tradisi 1 Muharram Desa Wonorejo, Kunjang - Kelurahan Wonorejo Menyelenggarakan Kegiatan Nyadran

Diperbarui: 21 Juli 2023   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nyadran bersama masyarakat desa Kunjang (dok. pribadi)

Kunjang- Tradisi Nyadran kembali diselenggarakan oleh kelurahan desa Wonorejo Kunjang. Tradisi ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini biasa dilakukan pada awal bulan muharram atau 1 suro. Seluruh masyarakat dari berbagai kalangan terlibat dalam acara ini.

Kegiatan dimulai sejak pukul 5 pagi, seluruh masyarakat dari kalangan laki-laki melakukan berbagai kegiatan seperti khataman al-qur'an, doa bersama di makam sesepuh desa  dan bersih desa. Pada malam hari, seluruh masyarakat dari berbagai kalangan hadir ke balai Desa Wonorejo untuk mengikuti acara pengajian.

Selain masyarakat Desa Wonorejo, kegiatan rutinan ini juga dihadiri oleh Bapak Camat Kunjang, Bapak Kepala Desa Wonorejo beserta jajarannya dan juga peserta KKN dari IAIN Kediri kelompok 61.

Acara tersebut dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Ikhsanudin selaku pembawa acara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Hari Irawan selaku Kepala Desa Wonorejo dan pembacaan tahlil Bersama. Setelah pembacaan tahlil selesai kemudian dilanjut dengan makan Bersama. Dimana makanan tersebut telah dibawa oleh beberapa warga masyarakat desa Wonorejo ke balaidesa lalu dimakan bersama di akhir acara.

"Diharapkan dengan acara ini, masyarakat bisa selalu hidup berdampingan dengan aman, rukun dan sejahtera" terang Pak Hari Irawan. Selain itu, bapak kepala desa juga membahas tentang kebersihan desa, "Saya juga berharap bahwa masyrakat bisa mendukung program desa yaitu tentang pengelolaan sampah. Dimana sarana dan prasarana telah disiapkan oleh desa dan akan dibantu oleh peserta KKN IAIN kediri. Ini juga merupakan salah satu program kerja dari perserta KKN yang telah disampaikan kepada saya".

Khotmil Qur'an oleh warga desa Wonorejo dan Peserta KKN IAIN Kediri kelompok 61 (dok. pribadi)

Doa bersama di Makam Sesepuh Desa Wonorejo

Puncak Acara Kegiatan Nyadran di Balaidesa Wonorejo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline