Lihat ke Halaman Asli

Goro di Sore Hari Bersama Anak-Anak Istimewa

Diperbarui: 12 Maret 2023   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image caption dokpri 

Keterbatasan bukanlah alasan untuk melakukan sesuatu. Bekerja dengan hati yang ikhlas akan membuahkan hasil yang luar biasa. 

Mereka masing-masing punya keterbatasan. Tapi mereka juga punya kelebihan. Walau tangan dan kakinya ada yang agak lemah sebelah. 

Image caption dokpri 

Namun hal itu, bukan berarti membuat mereka tidak mampu dan menyerahkan saja pada keadaan, dengan berpasrah diri dan bermalas-malasan. Ini tidak ada pada diri mereka.

Seperti sore ini. Anak-anak istimewa ini semua melakukan Goro bersama. Mengangkat pasir dan menaikkannya dengan ember. Ada yang mengisi ember ada juga yang mengangkatnya ke atas dengan tali.

Image caption dokpri 

Sungguh pemandangan yang sangat luar biasa. Sekilas mereka terlihat normal dan tak ada yang kekurangan. Akan tetapi kalau dilihat dari dekat semua mereka punya kekurangan masing-masing secara fisik dan psikisnya.

Namun karena dididik, dibina dan diarahkan setiap hari, maka ibarat pisau yang tumpur akhirnya perlahan-lahan tajam juga. Apa yang diminta kerjakan bersama atau secara mandiri. 

Mereka semua yang istimewa ini akan mengerjakannya layaknya anak-anak normal. Sungguh ini adalah pemandangan yang luar biasa menurut saya yang menyaksikannya secara langsung.

Image caption dokpri 

Anak-anak perempuan juga goro membersihkan halaman mushallah yang ada di panti. Mereka semua sangat bahagia. Sambil bercanda ria semuanya mecabut rumput liar yang ada. Inilah keceriaan mereka di sore hari ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline