Lihat ke Halaman Asli

Elison Manisa

Jadikan pendidikan sebagai tools untuk membangun diri dan sesama.

Proses Belajar Daring Tidak Maksimal bagi Anak Usia Dini

Diperbarui: 15 Juli 2021   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi.  Sumber: pixabay.com

Proses belajar mengajar melalui daring tidak maksimal bagi anak usia dini, anak tidak paham dan hilang konsentrasi belajar, motivasi belajar menurun. Hal ini saya sebagai orang tua harus ekstra dalam mendorong anak untuk terus belajar.

Pendidikan dan proses belajar mengajar ala daring ditengah Pandemi Covid-19. Persiapan guru dalam menyusun rencana RPP tahun dan metode ajar sebagai solusi bagi anak Paut dan TK jenjang pendidikan usia dini. 

Sebetulnya mengajarkan usia dini melalui daring/zoom grup tidak maksimal, sebab anak-anak belum memiliki daya tangkap dan kemampuan berpikir yang tajam dalam menerima informasi.

Guru perlu metode baru dalam pendampingan proses belajar mengajar seperti anak usia dini tahapan perkenalan dengan mengajarkan Baca, Tulis bagi Anak dengan 3B (Bercerita, Bernyanyi, dan Bermain).

Meski guru dan orang tua telah berupaya untuk mengedukasi anak dengan adanya dampak pandemi covid-19, tetapi tidak logis bagi anak usia dini, tentu pertanyaan yang sama sekali di ajukan. 

Mengapa demikian, karena anak ingin mengetahui dampak dan sampai kapan covid-19 akan berakhir, kalau berakhir kapan aku harus masuk sekolah. Perlu waspada dalam memberikan jawaban antara kenyataan dampak serius sekolah, pemerintah dan lainnya dapat menangani.

Apakah anak sudah diajarkan berkali-kali, tetapi daya serap anak kurang atau masih seperti biasa-biasa saja atau siswa saat ini?

1. Sudah lama anak belajar baca, tulis tetapi belum bisa?

2. Mengalami kesulitan saat baca, tulis?

3. Anak bosan dan jenuh karena metode mengajar hanya sebagai rutinitas saja?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline