Lihat ke Halaman Asli

Elisa Koraag

Influencer

Meja Makan Punya Cerita, Dedikasi Ibu

Diperbarui: 24 Mei 2016   01:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Kiri kanan, psikolog Ajeng Reviano dan Product Manajer Tupperware Rina"][/caption]

Dalam sebuah keluarga , makan bersama adalah salah satu kegiatan biasa. Namun yang biasa itu, telah menjadi kegiatan langka. Sarapan pagi di lakukan di mobil. Makan siang, tinggal Ibu dan anak karena Ayah di kantor, bahkan bisa jadi, Ayah dan Ibu makan siang masing masing karena beda tempat kerja. Dan anak makan bersama asisten rumah tangga. Lalu makan malem, Ayah dan Ibu bisa dengan klien dan anak tetap dengan asisten rumah tangga. Itulah fenomena keluarga di kota besar. Seperti Jakarta. Sebetulnya ini curcol karena terjadi pada saya dan pasangan.

Bukan saya tidak paham pentingnya kebersamaan keluarga. Tapi waktunya sudah berbeda. Kesempatan perempuan sekolah tinggi, memberi jalan perempuan bekerja. Perempuan bekerja bukan sekadar bermotiv ekonomi. Eksistensi diri dan mengabdi adalah motiv yang lain. Saya bekerja karena orangtua saya ingin, kami, anak-anak perempuannya mempunyai kemampuan setara dengan para pria.

Maka seiring zamannya, suami istri bekerja menjadi hal biasa. Asisten rumah tangga menjadi sesuatu yang dibutuhkan. Bukan untuk membantu tapi mengambil alih peran Ibu. Mengurus rumah dan mengasuh anak.Asisten rumah tangga menjadi pengelola rumah tangga. Mengakibatkan asisten rumah tangga memiliki posisi tawar. Tidak sedikit anak kebih merana ditinggal asisten rumah tangga daripada ditinggal Ibu.

Menyikapi fenomena itu, Viva.co.id bekerjasama dengan Tuppaware menyelenggarakan blogger gathering. Mengambil tema Meja Makan Punya Cerita, menandai diluncurkannya product Tupperware serie petite blossome. Acara berjalan seru bertabur hadiah. Para blogger terlihat menikmatinya. 

Product Manager Tupperware, Rina, saat peluncuran serie Petite Blossome mengatakan,: peluncuran ini untuk mengembalikan kebiasaaan makan bersama keluarga. Dibeti nama Petite Blossome karena bentuknya kecil dan cukup untuk digunakan keluarga. Selama ini produk yang ada dalam ukuran besar untuk digunakan pada kegiatan arisan atau kumpul keluarga besar.

Serie Petite Blossome ini menjadi fasilitas mengikat keluarga. Hidangan terlihat cantik dalam kemasan mewah, anak dan pasangan akan senang. Rasa masakan menjadi nggak penting, katena cinta ibu ada di sana.

Saya memutuskan berhenti bekerja ketika tersadar saya tidak menjadi Ibu yang utuh. Saya kehilangan tahun tahun emas kedua anak saya. Tapi saya percaya, tidak ada kata terlambat. Saya berhenti bekerja saat anak -anak berusia 8 dan 11tahun. Saat itulah saya baru belajar menjadi Ibu yang sesungguhnya. Ternyata tidak mudah. 

Saya harus membuang segala ego. Melupakan semua teori parenting. Dan mengucurkan airmata setiap malam. ,(ini lebai) Setekah saya membalik cara berpikir, titik terang mulai terlihat. Awalnya dengan ego penuh, saya yakin saya bisa menjalankan fungsi Ibu. Tapi kenyataanya anak anak menolak saya.

Mulailah saya melakukan pendekatan di meja makan. Saya menanyakan makanan kesukaan anak anak. Saya belajar memasak dan menyajikan dengan wadah dan tampilan yang unik. Pelan pelan, anak anak mulai menyukai. Terus mencoba dan tak kenal lelah akhirnya saya dapat merebut kembali cintanya anak-ansk.

Saya sempat merenungi dan melempar ingatan ke masa kecil. Selama makan malam bersama, ibu tidak banyak cakap. Ayah bercerita tentang pekerjaan dan anak-anak bercerita tentang sekolah. Ibu menyimak dan menanggapi dengan senyum. Betkali-kali menambahkan sayur, nasi dan lauk ke piring-piring kami.Sekarang saya paham, diamnya ibu karena menikmati percakapan Ayah dan anak-anaknya.Melihat apa yang disajikan, dinikmati, terbayar lunas semua lelah. Ya, saya rasakan itu. Dedikasi Ibu adalah kisah cinta di balik meja makan punya cerita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline