Lihat ke Halaman Asli

Hubungan Irama dan Melodi dalam Musik

Diperbarui: 30 September 2020   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi not not balok (Sumber: www.pixabay.com)

Dalam musik terdapat unsur-unsur dasar, salah satunya adalah irama dan melodi. Sebelum memainkan sebuah musik, kita harus tahu dan memahami unsur-unsur tersebut. Lalu bagaimana hubungan antara unsur (irama dan melodi) dengan musik?

1. Irama

Irama merupakan rangkaian gerak dalam musik dan tari yang mempunyai pola tertentu dan terjadi secara berulang-ulang.

2. Melodi

Melodi merupakan susunan rangkaian nada yang teratur yang terdengar berurutan dengan pola irama tertentu dan mengungkapkan suatu gagasan pikiran dan perasaan.

Dari pengertian di atas kita tahu bahwa dalam seni khususnya musik harus ada unsur dasar. Unsur ini tidak dapat dipisahkan karena saling bergubungan. Dengan adanya irama dan melodi, musik akan menjadi lebih teratur dan akhirnya menghasilkan suatu musik yang indah. Tanpa adanya irama dan melodi, musik bukanlah apa-apa dan ketiganya membentuksuatu kesatuan yang utuh.

Untuk memperoleh pemahaman yang bermakna, unsur-unsur musik haruslah diberikan melalui kegiatan pengalaman musik, di mana kegiatan utamanya yaitu bernyanyi. Keindahan nyanyian yang muncul karena kedua unsur tersebut dapat mengungkapkan suatu gagasan, pikiran dan perasaan sehingga orang yang mendengarkan nyanyiannya bisa ikut merasakannya.

Selain irama dan melodi masih ada unsur musik lainnya yaitu harmoni, bentuk atau struktur dan ekspresi. Pada dasarnya unsur tersebut sama dan dapat memunculkan keindahan dalam musik sehingga musik akan lebih lengkap dan lebih bermakna jika dimainkan dengan memperhitungkan dan memasukkan semua unsur-unsurnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline