Lihat ke Halaman Asli

Eis Nina Marlina

Guru di SMA N 1 OKU

Aksi Nyata Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Diperbarui: 30 November 2022   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belajar sesuai dengan gaya belajar anak (dokpri)

assalamualaikum wr.wb

Saya Eis Nina Marlina, calon guru penggerak angkatan 7 dari Kabupaten OKU Sumatera Selatan. pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata modul 1.2 Nilai dan peran Guru Penggerak.

Saya melaksanakan rencana yang telah dituliskan pada refleksi 4P di bagian Koneksi Antar Materi mengenai "pengembangan DIRI yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang". Kumpulkan tersebut dalam bentuk dokumentasi kumpulan foto yang bercerita saat diri saya menjalankan rencana. Dan tak  lupa saya sertakan refleksi sepanjang proses menjalankannya, seperti apa perasaan saya, apa ide atau gagasan yang timbul, pembelajaran apa saja yang dapat diambil, dan apa dampak (perubahan positif) yang paling dirasakan oleh diri saya.

BERPIHAK PADA MURID

  • Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa dan media yang inovatif dan kreatif

perasaan saya dengan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid yaitu  bahagia termotivasi dan tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai gaya belajar anak. Ide atau gagasan yang timbul kedepannya akan membuat kreasi dalam metode dan media pembelajaran dan menerapkan  anak bebas dalam mengeksplorasi diri dalam mengumpulkan hasil pembelajaran mereka. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan adalah saya merasa menjadi guru yang optimis bergerak untuk melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan siswa jadi lebih aktif dan merasa senang akan pembelajaran Bahasa Inggris.

  • Saya menerapkan kegiatan 5s senyum, sapa, salam, sopan dan santun yang merupakan pembentukan budi pekerti anak

    kegiatan 5 S (dokpri)

  • menjadikan siswa sebagai teman tetapi tidak melewati batas dalam arti tetap mengedepankan sikap saling menghormati, sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan dan tak lupa menyisipkan permainan dalam proses pembelajaran

Belajar sambil bermain (dokpri)

  • Membangun kesepakatan kelas untuk pembelajaran yang lebih baik menunjukan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran

    kesepakatan kelas (dokpri)

    MANDIRI
  • Mengikuti pelatihan, seminar, dan BIMTEK kemudian diimbaskan ke rekan guru lain termasuk peran coach bagi rekan guru lain

    Pelatihan Mandiri(dokpri)

    Pelatihan Mandiri(dokpri)

Pengimbasan atau coaching ke rekan guru lainnya (dokpri)

Refleksi terhadap penerapan guru penggerak pada nilai Mandiri, perasaan saya termotivasi dan terinspirasi. Ide atau gagasan yang timbul, menggunakan smartphone atau laptop untuk meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti webinar dan mengikuti pelatihan, BIMTEK baik yang diadakan di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional kemudian saya imbaskan ke rekan guru lain (coach bagi guru Lain). Pembelajaran yang dapat saya ambil, kemandirian dalam meningkatkan kompetensi diri akan berdampak positif pada proses pembelajaran ke murid. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan dari Aksi Nyata saya, saya bersemangat dalam meningkatkan kompetensi diri untuk bergerak memajukan negeri.

REFLEKTIF

  • Melaksanakan evaluasi dan refleksi yang bertujuan perbaikan di segala aspek pembelajaran

reflektif-63875de548feef4ee672a572.jpeg

Penerapan Nilai Guru Penggerak -Reflektif- Aksi nyata saya adalah menuliskan kelemahan dan kekuatan saya dalam proses pembelajaran, membuat rencana perbaikan, lalu mengejawantahkannya dalam tindakan nyata.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline