Lihat ke Halaman Asli

Kelvin Layzuardy

Content Writer

Memanfaatkan Email List Saat Menggunakan Email Marketing, Jangan Salah!

Diperbarui: 18 Oktober 2021   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Memanfaatkan email list dengan benar harus dilakukan sebuah bisnis ketika sedang menggunakan email marketing. Perlu Anda ketahui, email list merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penggunaan email marketing.

Email list sendiri sebenarnya merupakan data atau list berisi data email customer yang sudah dikelompokan masing-masing. Biasanya bisnis akan membuat email list berbeda-beda sesuai dengan karakteristik customer.

Dalam pembuatan email list, karakteristik yang sering dipakai mulai dari usia hingga gender atau jenis kelamin. Tujuan pembuatan email list ini sendiri biasanya untuk memudahkan bisnis dalam memilih target untuk promosi.

Namun, seringkali email list ini tidak digunakan dengan benar oleh bisnis. Dimana bisnis yang ada mengirimkan secara asal tanpa mengelompokan customer yang ada pada email list.

Pengelompokan customer pada email list berdasarkan karakteristik masing-masing memang sangat penting. Hal ini untuk mempermudah bisnis dalam melakukan apapun. Mulai dari promosi hingga memberikan informasi yang sesuai.

Bisnis sendiri tentunya harus menyadari dalam memanfaatkan email list saat ini sangatlah penting. Tanpa adanya pemanfaatan email list yang benar, bisa saja hal yang dilakukan bisnis untuk menggaet customer sia-sia loh.

Pemanfaatan email marketing dalam bisnis saat ini sendiri sangat mudah. Bisa dibilang sudah banyak bisnis memanfaatkan email marketing untuk platform komunikasi atau pun customer service untuk bisnis mereka.

Tak bisa dimungkiri, saat ini potensi penggunaan email marketing dalam bisnis sangat tinggi. Apalagi pengguna email saat ini terus bertambah dari tahun ke tahun.

Di Indonesia sendiri penggunaan email marketing bisa Anda lakukan melalui penyedia layanan email marketing yang ada. Saat ini penyedia layanan email marketing di Indonesia sudah banyak loh.

Salah satu contoh penyedia layanan email marketing yang ada sendiri adalah DocoBlast, dimana Anda bisa memilih fitur dan layanan yang ingin digunakan dalam bisnis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline