Lihat ke Halaman Asli

Cara Ampuh Self Healing untuk Mahasiswa Semester Akhir

Diperbarui: 30 Desember 2021   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Kompas Health

Mahasiswa semester akhir sering mengalami rasa takut dan menyerah karena harus menghadapi tugas akhir kuliah alias skripsi. Dapat dikatakan mahasiswa semester akhir adalah bagi mereka yang sedang menjalani kuliah pada semester 7 keatas. 

Tak menyangkal, kalau mahasiswa semester tua ini butuh penyemangat untuk meningkatkan ketekunan dalam menyelesaikan skripsi. Selain itu, mereka juga membutuhkan sebuah distraksi agar tidak melulu memusingkan tugas akhirnya. 

Oleh karena itu, sudah sepatutnya mahasiswa semester akhir melakukan self healing agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rasa takut tersaing dengan teman sepantaran, rasa khawatir akan perasaan tidak lulus, dan rasa beban dalam melanjutkan studi di bangku kuliah. 

Self healing sendiri memiliki pengertian berupa penyembuhan diri sendiri. Nah, self healing ini juga lagi ramai diperbincangkan netizen di media sosial, lho! Yuk simak ulasannya!

1. Me Time

Sesuai dengan namanya, me time adalah meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Bagi sebagian orang, melakukan me time merupakan sebuah kemewahan. 

Sebagian dari mereka yang hidupnya dipenuhi dengan kesibukan dan keramaian justru tidak memiliki waktu yang cukup untuk memperlakukan dirinya sendiri dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti membaca buku, pergi ke salon, makan makanan kesukaan, atau bahkan menonton film bioskop sendirian. 

Hal tersebut akan membuat kita fokus terhadap kebahagiaan diri kita baik lahir maupun batin. Karena sebenarnya diri kita sendiri yang harus dijadikan sebagai pusat kebahagiaan. 

2. Detoks Media Sosial

Source: SuccessYeti

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline