Lihat ke Halaman Asli

Optimalisasi Tranksaksi Digital UMKM Desa Bululawang Oleh Mahasiswa UMM

Diperbarui: 28 Februari 2024   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Malang


Program PMM singkatan dari Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa adalah suatu program yang wajib di jalankan oleh setiap mahasiswa UMM atau Universitas Muhammadiyah Malang

Kegiatan PMM ini dilakukan oleh Kelompok 16 Gelohmbang 7 yang dilaksanakan di Desa Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Program PMM ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Januari 2024 hingga 19 Februari 2024. PMM Kelompok 16 Gelombang 7 ini berisikan 5 anggota, yaitu Dipa Bijak Anugerah Sitepu selaku Ketua Pelaksana, Davin Dzakhwan selaku Dokumenter, Sukma Ayu Bella Karisma selaku Sekretaris, Evin Satyapratama selaku Hubungan Masyarakat, dan juga Retno Diah Novita Sari selaku Bendahara, kelima anggota kelompok PMM ini berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen. Kelompok PMM kami dibimbing oleh Muhammad Khoirul Fuddin, SE. ME. selaku dosen pembimbing  kami.

Kami mendedikasikan Program Kegiatan PMM kami untuk UMKM di Desa Bululawang, program kerja PMM kami bertujuan untuk membantu Desa Bululawang dalam meningkatan metode pembayaran. Peningkatan metode pembayaran ini melalui metode Barcode (QRIS).

Mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Malang

Adapun rangkaian kegiatan kami yang pertama adalah, pembukaan PMM bersama Perangkat Desa Bululawang dan juga Pemilik UMKM di desa Bululawang yang diadakan di Balai Desa Bululawang, tujuan dilaksanakannya pembukaan ini adalah untuk memperkenalkan anggota kelompok PMM kami, menyampaikan maksud dan tujuan kami di Desa Bululawang, menyampaikan informasi penting, dan juga mencipatakan suasana yang positif antara anggota kelompok PMM kami dengan Perangkat Desa Bululawang dan Pemilik UMKM di Desa Bululawang.

Kegiatan kami yang kedua, mengunjungi UMKM di Desa Bululawang, kegiatan kami dilakukan dengan metode Door to Door. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang manfaat pembayaran dan juga menawarkan bantuan untuk pembuatan QRIS guna efisiensi dalam pembayaran.

Kegiatan kami yang ketiga, mengelola data pemilik UMKM yang berkenan untuk dibantu dalam pembuatan QRIS agar dipermudah dalam proses pembuatan QRIS tersebut.

Kegiatan kami yang keempat, pembuatan stand barcode pemilik UMKM dengan menggunakan sign holder sebagai stand Barcode QRIS tersebut. Yang kemudian kami serahkan kepada UMKM pemilik Barcode QRIS tersebut.

Mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Malang

Kegiatan kami yang kelima, membuat video tutorial tentang pembuatan QRIS yang akan dipublikasikan melalui jejaring sosial guna membantu memberikan panduan dalam pembuatan QRIS.  Video tutorial kami ditujukan kepada khalayak ramai dengan harapan video tutorial kami memberi pemahaman dan panduan guna mempermudah penonton dalam pembuatan QRIS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline