Lihat ke halaman asli

Diyo Suroso

Pengantin Baru

Nama saya Diyo Suroso, bisa dipanggil Diyo.

Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Diperbarui: 29 Maret 2020   20:58

Salah satu dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 yang sekarang tengah mewabah di sejumlah negara di dunia termasuk Indonesi adalah social distancing atau jarak sosial sebagai upaya meredam penyebaran virus. Alhasil, kita tidak diperbolehkan untuk keluar rumah alias #dirumahaja agar tidak berpotensi terpapar.

Terus terang, setelah hampir dua pekan di rumah dan tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, saya mulai merasakan bosan. Pengeluaran bertambah karena hasrat untuk makan bertambah. Apalagi imbasnya adalah paket data internet yan terkuras habis.

Akhir pekan ini, karena sebagian teman pun merasakan hal yang serupa, akhirnya saya diajak untuk berolahraga seperti jogging atau lari pagi di sekitaran kawasan bisnis yang memang tempat itu biasa digunakan untuk olahraga. Tapi, kalau dipikir-pikir, daripada menanggung risiko yang besar karena wabah ini masih berkeliaran bebas di luar sana, akhirnya saya memutuskan untuk diam #dirumahaja.

Tapi, saya tidak kehabisan akal. Setelah mencari tahu kesana-kemari, beberapa olahraga ini ternyata bisa dilakukan meski berada di rumah. Berkiut adalah daftar olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Yoga
Yoga dengan gerakan yang sederhana bisa dilakukan di rumah. Ini sangat cocok kamu terapkan jika kamu sedang berusaha untuk tidak banyak keluar rumah. Gerakan-gerakan seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose bisa dilakukan di rangan yang tidak terlalu luas namun cukup untuk berolahraga.

Dan nilai lebihnya, yoga juga dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuhmu. Tentu saja ini sangat cocok bagi kamu yang sedang dalam upaya diet. Jadi, selamat mencoba.

2. Zumba
Zumba atau Aerobik atau sering kita kenal dengan senam juga bisa dilakukan di rumah. Kamu hanya harus mempersiapkan handphone atau laptop dan putar video zumba di YouTube lalu ikuti gerakannya. Cukup lakukan 30 menit dan kamu pasti sudah berkeringat.

3. Skipping
Tak harus repot-repot keluar rumah, skipping atau lompat tali pun bisa dilakukan di rumah. Hanya saja, kamu harus memperhatikan tali skippingmu agar jangan sampai mengibas barang-barang di rumahmu. Alih-alih olahraga malah jadi beres-beres rumah. Tapi tak apa, yang penting tetap sehat.

4. Push Up
Oahraga yang satu ini sangat simple, ya Push Up. Tidak perlu ruangan yang besar untuk melakukannya. Dan lagi, Push Up tak memerlukan peralatan, jadi sangat gampang. Yang penting luangkan waktu dan semangat.

5. Wall Sit
Olahraga yang bisa dilakukan di rumah yang terakhir adalah Wall Sit. Cara untuk melakukan wall sit juga terbilang sangat gampang. Posisi awal berdiri tegak dengan menempelkan punggungmu tepat pada tembok atau dinding. Lalu perlahan langkah kaki satu persatu ke depan, tekuk lutut kedua kaki seperti memposisikan tubuh seperti saat  duduk di atas kursi.

Kamu juga bisa melangkahkan satu persatu kaki kemudian turunkan perlahan tubuh atas sehingga posisi lutut dan bokong sejajar. Tahan dengan sekuat tenaga dan akan merasakan sakit pada bagian betis dan paha. Setelah itu tarik perlahan kaki satu persatu ke posisi semula (berdiri tegak).

Jadi, itulah olahraga yang bisa kamu lakukan meski berada di rumah. Karena olahraga juga jadi salah satu cara hidup sehat agar terhindar dari wabah Covid-19 dan juga menjaga kebugaran tubuh.

Sumber: liputan6.com

Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline