Lihat ke Halaman Asli

Devi Asriani

Mahasiswa

Media Pembelajaran: Pengaruh Penggunaan Blok Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa

Diperbarui: 25 Mei 2023   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : dokumen pribadi

Pecahan adalah representasi bilangan yang tidak bulat, di mana suatu jumlah dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Pecahan terdiri dari dua bagian, yaitu pembilang (numerator) dan penyebut (denominator). Pembilang adalah bagian atas pecahan yang menunjukkan jumlah bagian yang diambil, sementara penyebutannya adalah bagian bawah pecahan yang menunjukkan jumlah bagian keseluruhan yang dibagi. Contoh umum pecahan adalah ½, ¾, atau 3/5. Pada pecahan ½, pembilangnya adalah 1 dan penyebutnya adalah 2, yang berarti bahwa objek atau jumlah yang dibagi menjadi dua bagian dan hanya satu bagian yang diambil. 

Kompetensi pecahan pada mata pelajaran matematika dari peserta didik kelas 2A di SDN Permata Biru yang beralamatkan di Jl. Raya Permata biru - Orange no 1, Cinunuk, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, tahun pelajaran 2023/2024 sedikit rendah. Pada test harian masih banyak siswa yang masih belum memahami konsep pecahan sehingga mereka tidak bisa mengerjakan soal secara mandiri.

Sumber : dokumen pribadi

Salah satu penyebab dari permasalahan tersebut yaitu tidak adanya media pembelajaran yang digunakan. Maka dari itu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga dalam proses pembelajaran.

Media pembelajaran yang digunakan dalam materi pecahan untuk siswa kelas 2A SDN Permata biru yaitu Blok Pecahan. Blok pecahan merupakan alat peraga yang berbentuk potongan-potongan yang dibagi menjadi beberapa bagian. Untuk menunjukkan adanya pecahan bentuk-bentuk tersebut dapat diberi warna berbeda atau diarsir. Bagian yang diberi warna berbeda tersebut merupakan pembilang sedangkan bagian yang utuh keseluruhan merupakan penyebutnya. Blok pecahan dapat dibuat dengan menggunakan kertas karton. 

Setelah menggunakan blok pecahan, siswa kelas 2A di SDN Permata Biru dapat memahami materi pecahan dengan baik. Mereka mampu mengerjakan beberapa soal dengan mandiri dengan hasil yang lebih memuaskan dari sebelumnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline