Lihat ke Halaman Asli

Chaerul Sabara

TERVERIFIKASI

Pegawai Negeri Sipil

El Clasico di Piala Super Spanyol Batal Usai Madrid Ditekuk Athletic Bilbao

Diperbarui: 15 Januari 2021   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Twitter.com/Real Madrid via Bolasport.com

Laga seru El clasico di ajang piala Super Spanyol batal tersaji. Ini terjadi setelah Real Madrid secara tak terduga terhenti di semifinal Piala Super Spanyol. Los Blancos takluk 1-2 dari Athletic Bilbao.
Laga semifinal Piala Super Spanyol antara Real Madrid vs Athletic Bilbao yang digelar di La Rosaleda, Jumat (15/1/2021) dini hari WIB. Athletic Bilbao menunjukkan penampilan yang apik di babak pertama hingga membawa Bilbao menjejakkan kaki di partai final menantang El Barca yang lebih dulu mencapai final setelah sehari sebelumnya mengandaskan ambisi Real Sociedad.

Real Madrid memulai laga dengan menjanjikan, empat menit laga berlangsung Madrid telah mendapatkan korner beruntun. Luka Modric yang mendapatkan peluang melepaskan sepakan dari luar kotak penalti masih belum cukup membahayakan gawang Bilbao.
Demikian pula peluang untuk Madrid di menit ke-17 dari sebuah free kick. Umpan lambung Toni Kroos disambut Sergio Ramos dengan sundulan, namun bola tepat mengarah ke kiper.

Semenit berselang Bilbao membuka keunggulan. Bilbao memimpin di menit ke-18 setelah memanfaatkan kelengahan di pertahanan Madrid lewat Raul Garcia yang meneruskan umpan matang dari Dani Garcia.

Jual beli serangan berlangsung sengit, namun di menit ke-37 pelanggaran Lucas Vazquez terhadap Inigo Martinez di kotak penalti berujung gol kedua dari Garcia. Wasit langsung menunjuk titik putih. Raul Garcia yang maju sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan peluang, ia menaklukkan Thibaut Courtois dengan melepaskan tembakan yang merobek pojok kanan gawang Courtois. 2-0 Bilbao unggul.
Madrid yang tampil dengan Skuad intinya berusaha mengejar ketinggalan, namun hingga wasit meniup peluit tanda jeda pertandingan Sergio Ramos dan kawan-kawan belum berhasil mencetak gol.

Di babak kedua Madrid meningkatkan intensitas serangannya mencoba mengejar. Tapi di menit ke-54 Bilbao nyaris memperbesar keunggulan sundulan Iker Muniain menyambut umpan Oscar de Marcos masih meluncur tipis ke kanan gawang Courtois.

Madrid terus melancarkan tekanan ke Bilbao. Peluang Asensio di menit ke-58 masih melebar. Begitu juga empat menit berselang sepakan Asensio hanya mengenai tiang. Madrid melakukan pergantian pemain di menit ke-67, Luca Modric dan Eden Hazard ditarik keluar digantikan oleh Valverde dan Vinicius Jr.

Pergantian ini membawa perubahan terhadap serangan Madrid. Asensio! Kembali mendapat peluang, sayang tendangannya hanya mengenai mistar gawang di menit ke-69.

Barulah di menit ke-73 Madrid benar-benar mencetaak gol usai Karim Benzema menyambar umpan sundulan dari Casemiro  menaklukkan Unai Simon dari jarak dekat. Meski hakim garis mengangkat bendera tanda offside, namun dari tinjauan Video Assistant Referee (VAR) wasit memutuskan bahwa keputusan hakim garis  itu keliru dan menyatakan gol  Benzema itu sah.

Meski terus menekan namun tidak ada lagi gol yang tercipta bagi Real Madrid, Bilbao sukses menjaga gawangnya dan mengamankan tiket final piala super Spanyol. Hingga wasit meniup peluit akhir skor 2-1 untuk keunggulan Bilbao tetap bertahan.

Susunan pemain:

Real Madrid: Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Raphael Varane (Nacho 46'), Sergio Ramos, Ferland Mendy; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric (Federico Valverde 67'); Marco Asensio, Karim Benzema (Mariano Diaz 88'), Eden Hazard (Vinicius Jr 67')

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline