Pada zaman digital ini minat seseorang untuk menjadi pengusaha sangatlah tinggi. Hal ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya bisnis baru yang bermunculan dan diperkenalkan setiap harinya. Terutama bisnis yang bergerak di bidang industri kreatif, seperti kuliner, mode (fashion), Event creator, kendaraan kustom, hingga pariwisata.
Kelahiran berbagai macam jenis bisnis baru ini tentu adalah kabar baik bagi Indonesia. Sebab apa lagi sih faktor utama yang paling bisa meningkatkan ekonomi selain pertambahan jumlah pengusahanya yang semakin banyak?
Berbicara tentang pengusaha, pasti diantara kalian yang berniat untuk menjadi seorang entrepreneur terutama di bidang FnB pasti mengenal "Hendy Setiono" seorang tokoh dibalik nama besar KEBAB BABA RAFI. Beliau juga seorang tokoh inspirasi banyak orang di bidang bisnis FnB. Beliau memiliki banyak bisnis kuliner yang selalu sukses dan selalu booming. Berikut adalah brand besar yang dibaliknya ada sosok beliau yaitu ada Nyapii, Nyayap, Ngikan.Yuk, Menantea.toko, BabaRafiOfficial, Cakekinian.Official, ForesthreeCoffeeOfficial dan brand besar lain.
Nah cocok untuk kalian yang ingin menjadi entrepreneur khususnya dalam bidang food and beverage tapi takut dan bingung memulai dari mana.
Berikut cara rahasia beliau agar bisnis yang dipegang beliau booming
Indikator Yang Harus Dipersiapkan Dan Dimiliki Saat Memulai Bisnis F & B :
Gojekable
Bisnis yang dibuat harus ramah dengan platform online food delivery
Mudah dijangkau
Adanya banyak promo
Solusi generasi mager
Boothable/Rukoable
Produk dapat diproses/diproduksi dengan space room yang tidak terlalu besar
Minimalism style
Hemat biaya sewa ruang
Desain interior bisa dimaksimalkan
Viralable
Bisnis yang dibuat dapat berpotensi untuk dijadikan viral dengan berbagai macam strategi (Ex: menu unik, collab dengan Influencer, dsb)
Influencer sebagai media promosi
Tidak perlu iklan konvensional
Unikable
Produk harus memiliki keunikan dibandingkan dengan produk lain (Ex:menu, packaging, dll)
Menawarkan produk yang tidak bisa dicari di tempat lain
Desain menu dan packaging yang instagramable, sehingga bisa dijadikan stories oleh customer.
No Competitor
be trendsetter, ciptakan bisnis yang belum terpikirkan oleh orang lain, sehingga meminimalisir kompetitor
Bisnis baru yang belum ada sebelumnya
Bisnis yang sudah ada akan tetapi dimodifikasi, sehingga menjadi pemain tunggal dalam bisnis tersebut
Repeatable
Produk yang dijual harus berpotensi untuk direpeat order oleh customer
Selalu memberi kesan nagih kepada customer
Sustainable
Bisnis yang dijalankan harus berjalan dalam jangka waktu yang lama (bukan musiman)
Mencari bisnis yang berkelanjutan
Menjalankan bisnis yang bisa struggle minimal bertahan selama 5 tahun
Franchiseable
Bisnis yang dijalankan dapat memenuhi syarat untuk dijadikan jaringan waralaba (franchise)
Membangun jaringan franchise yang besar dan sustainable.
Membuat bisnis yang bisa diterima dimanapun.
Melakukan kontrol langsung terhadap di bisnis yang dijalankan
Demikian cara beliau untuk memboomingkan suatu usahanya, semoga kita semua yang membaca bisa berkolaborasi bersama beliau suatu saat nanti.
Salam Sukses untuk kita semua. See You on Top