Pelayanan yang bersifat excellence memang saat ini menjadi salah satu faktor yang bisa memberikan kepuasan bagi customer yang ada dalam industri perbankan. Betapa tidak, dengan konsep kepercayaan dan kenyamanan dalam melayani customer, bisnis perbankan pada akhirnya mampu berkembang hingga saat ini.
Konsep bisnis itulah yang pada akhirnya menjadi satu hal yang mesti terus di pertahankan dalam bisnis di sektor perbankan. Karena perbedaan yang mencolok dari bisnis perbankan dibanding bisnis lainnya adalah faktor pelayanan yang bersifat paripurna yang selalu mesti disampaikan kepada customer.
Dengan mengacu pada konsep dan cara berfikir seperti itulah yang pada akhirnya muncul satu divisi dalam bisnis perbankan yang bernama Divisi Call Center atau Divisi Sales Support. Meskipun berbeda nama yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi tugas yang mesti di jalankan oleh SDM yang ada, namun pada kenyataannya kedua profesini memiliki konsep bekerja yang sama.
Terlebih kita tahu, saat ini sektor Perbankan sudah masuk dalam Era Industri 4.0. Dimana peran teknologi menjadi salah satu unsur yang mesti menjadi perhatian semua pelaku bisnis yang bergerak di sektor industri perbankan di tanah air. Sehingga apapun divisi yang ada dalam industri tersebut sedapat mungkin akan mencoba di kombinasikan dengan unsur teknologi sebagai salah satu kekuatan yang mesti ada dalam industri perbankan guna mendukung terciptanya pola kerja yang bersifat excellence.
CALL CENTER, PENTING BAGI PERUSAHAAN GUNA MENINGKATKAN LAYANAN YANG PARIPURNA KEPADA CUSTOMER.
Berkaca betapa pentingnya fungsi dari sebuah divisi call center, sejatinya fungsi utama dari divisi ini adalah bertujuan untuk mencapai tingkat efisiensi dari sebuah bisnis. Bukan hanya itu, fungsi lain dari call center adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan produk yang lebih besar dan sudah pasti ujung-ujungnya adalah meningkatkan kepuasan customer dari produk yang kita tawarkan kepada mereka. Karena salah satu fungsi bagi customer dengan adanya layanan call center tersebut adalah mereka bisa 24 jam berhubungan dan terhubung dengan perusahaan dimana mereka menjadi customernya.
Dari sebuah penelitian yang ada, justru fungsi dari call center itu adalah untuk menerbitkan kekacauan yang terjadi. Sehingga dengan adanya divisi call center, maka di harapkan tingkat keberhasilan perusahaan dalam memberikan layanan kepada customer menjadi meningkat. Karea sejatinya salah satu fungsi dari call center juga bisa menjadi alat untuk meningkatkan Brand Awareness bagi sebuah perusahaan. Terutama perusahaan yang mengutamakan keamanan, kenyamanan dan tentu saja loyalitas seperti perusahaan perbankan. Sehingga harapannya dengan adanya call center, dapat membantu perusahaan untuk mencapai keunggulan secara kompetitif. Hal itu dapat terjadi karena call center bisa meredam dan mengurangi terjadinya konflik-konflik yang terjadi antara customer dengan perusahaan.
Saat ini memang tidak bisa di pungkiri kebutuhan perusahaan akan adanya divisi call center yang baik menjadi salah satu tujuan yang mesti menjadi prioritas perusahaan. Dimana beberapa hal penting yang mesti menjadi perhatian para pelaku bisnis terkait keberadaan divisi call center adalah : (1) Call Center tidak hanya sekedar untuk memberikan kemudahan bagi customer dalam berkomunikasi dengan perusahaan. Tetapi call center juga bisa berfungsi untuk meningkatkan revenue atau pendobrak revenue bagi perusahaan. (2) Ada perubahan perspektif bisnis, jika dahulu call center sebagai cost center, maka saat ini call center di arahkan menjadi profit center. Sehingga ada yang menjadikan divisi ini menjadi contact center agar bisa bekerja lebih fokus. (3) Berkembangnya teknologi dalam Era Industri 4.0, menjadikan call bagian dari strategi komunikasi pemasaran terpadu ( integrated marketing communication : IMC). (4) Call center juga menjadi alternatif solusi bagi perusahaan. Dengan adanya persaingan bisnis yang di warnai dengan beragamnya keinginan dan tuntutan customer kepada perusahaan. Maka keberadaan call center bisa menjadi pengembangan lain dari service layanan kepada customer (5) Sementara terkait dengan Era Industri 4.0 yang di tandai dengan adanya tren era multimedia dan teknologi informasi, maka keberadaan sistem call center dalam sebuah perusahaan mesti di sesuaikan dengan kondisi yang ada.
BARANTUM MENGHADIRKAN STRATEGI JITU INTEGRASI CALL CENTER & CRM DALAM SATU SISTEM. DIMANA CLOUD SISTEM CALL CENTERNYA SAAT INI BERADA DI INDONESIA
Tingginya tingkat kebutuhan perusahaan saat ini dalam penyediaan sistem call center yang terintegrasi. Pada akhirnya membuat Barantum, sebuah perusahaan yang concern dalam penyediaan sistem integrasi CRM dan Call Center telah melakukan beberapa terobosan bisnis yang menarik. Terdapat beberapa keunggulan sistem yang bisa di pilih perusahaan dalam mengimplementasikan sistem call center dalam perusahaannya.