Lihat ke Halaman Asli

Yosef M.P Biweng

Guru pedalaman

Perjuangan Menjadi Seorang Pendidik

Diperbarui: 21 Mei 2022   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisah I

                       Perjalanan Tugas Pertama 

            sebagai CPNS Guru Agama Katholik

      ================================

                            (Yosef M. P Biweng)

  

Catatan awal

 

Seiring waktu,  semua telah berubah.  Perubahan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,  pun sumber daya manusia.  Tak ada alasan untuk terus berubah.  Dan untuk  sampai pada suatu perubahan butuh proses.  Proses itu bisa dilalui dengan berbagai cara.  Ada cara yang mudah,  ada yang langsung jadi,  maupun ada yang butuh perjuangan yang panjang untuk sampai pada suatu perubahan. Namun,  kadangkala orang tidak melihat bagaimana orang berproses,  tetapi orang melihat hasil dari proses itu.

Perjalanan hari ini bukan semudah membalik telapak tangan.  Ada rupa-rupa laku-liku yang dilewati dengan diterpah berbagai rintangan, hambatan, masalah, dan persoalan yang lain. Semua itu akan dilalui sesuai dengan apa yang dijalaninya.  Terkadang orang mengeluh karena beratnya hidup ini.  Terkadang orang mengeluh karena masalah hidup yang dihadapi. Terkadang orang mengeluh sulit menghadapi persolan hidupnya.  Terkadang orang tidak sanggup menjalani hidup yang berat hingga putusasa,  stress,  pusing,  binggung menghadapi masalah hidupnya.

Perjalanan waktu yang panjang telah mengajarkan saya untuk tetap bertahan sampai hari ini. Memang butuh perjuangan yang panjang, butuh ketekunan,  butuh kesabaran,  butuh kedisiplinan untuk mencapai suatu keberhasilan. Pilihan adalah suatu alasan untuk menentukan yang terbaik dalam hidup setiap kita. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline