Lihat ke Halaman Asli

Bina Desa Kalipucang 1

TEKNIK KIMIA UPN "VETERAN" JAWA TIMUR

Pemberian Edukasi kepada UMKM Desa Kalipucang tentang Media Pemasaran Produk Unggulan Olahan Susu oleh Mahasiswa Bina Desa

Diperbarui: 13 Mei 2022   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan terkenal dengan hasil produk olahan susu sapi yang berada di Kabupaten Pasuruan. Produk olahan susu yang diproduksi di desa ini yaitu stik susu, yoghurt, dan permen susu UMKM milik Ibu Elly Farida.

Media sosial adalah adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan merupakan platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. 

Mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia UPN "VETERAN" Jawa Timur memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran produk unggulan Desa Kalipucang yaitu produk olahan susu milik Ibu Elly Farida. Produk yang akan dipasarkan melalui media yaitu stik susu, permen susu, dan yoghurt.

Dokpri

Kegiatan pemberian edukasi kepada UMKM milik Ibu Elly Farida dilakukan pada hari Minggu, 17 April 2022 dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh 10 peserta yang terdiri dari peternak dan pemilik UMKM. 

Para mahasiswa memperkenalkan berbagai macam media sosial yang dapat digunakan untuk memasarkan produk unggulan olahan susu. Salah satunya yaitu Shopee, selain itu juga dapat menggunakan Instagram dan WhatsApp. Sebelumnya akun Shopee telah dibuatkan oleh para mahasiswa agar pihak UMKM tinggal menggunakan dan memasukkan produk yang akan dipasarkan. 

Tentunya produk yang akan dipasarkan dengan foto dan deskripsi produk yang detail, agar para pembeli tertarik. Selanjutnya untuk memasarkan melalui Instagram dan WhatsApp cukup mudah hanya dengan membagikan poster yang berisi foto beserta harga produk yang akan dipasarkan.

Dokpri

Sebelum dan setelah pemberian edukasi para peserta mengisi angket kuisioner agar para peserta dapat memahami cara pemasaran produk melalui sosial media. 

Pemberian edukasi ini sangat menarik minat UMKM dan peserta karena dapat membantu proses pemasaran produk dengan mudah dan praktis. Tujuan diberikan edukasi mengenai pemasaran media sosial ini diharapkan dapat menambah nilai jual dari produk olahan susu dan memperkenalkan produk unggulan olahan susu kepada masyarakat luas.

Yuk follow kegiatan kita selama mengabdi

instagram : @bindes.kalipucang1

youtube : Bina Desa Kalipucang 1

#binadesaupnvjt

#binadesateknikkimia

#binadesakalipucang

#upnveteranjawatimur

#lppmveteranjawatimur

#lppmupnvjatim




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline