Lihat ke Halaman Asli

Swarna

mengetik 😊

Pencegahan Lebih Baik daripada Pengobatan

Diperbarui: 6 Maret 2020   17:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pixabay

Pencegahan Lebih Baik daripada Pengobatan

Bagaimana keadaan anda hari ini?
Cuaca yang tidak menentu memang berpengaruh pada tubuh kita, yang sering terjadi adalah batuk pilek, dan penderitanya yang terbanyak adalah anak-anak.

Orang dewasa saja tidak nyaman bila terkena flu apa lagi anak-anak.  Mereka sangat rentan terjangkit flu, jadi sebagai orang tua wajib mengawasi dan mengontrol kondisi mereka, menjaga imunitas tubuh harus dilakukan sebelum tertular.
Apa lagi kondisi lelah dan capek akan cepat terserang.

Jadi selain menjaga kebersihan lingkungan meningkatkan daya tahan tubuh juga penting.

Zaman sekarang tidak bisa lagi berkata "wong cuma anget badannya." Karena badan hangat itu adalah kode ada ketidak beresan dalam tubuh. Namun juga jangan terlalu panik dan berlebihan.

Hati-hati dalam nengkonsumsi obat bebas ada batasnya,  iklan saja menyarankan untuk ke dokter ketika sakit berlanjut.

Tidak ada yang ingin sakit, untuk itu jaga kesehatan, saya masih ingat alm guru olah raga waktu SD mengajarkan preventif lebih baik dari pada kuratif, pencegahan lebih baik daripada pengobatan, itu selalu saya ingat,  walau masih sering diabaikan ketika menyampaikan pada pihak lain.

Menerapkan pada seisi rumah pun masih sering tidak digubris. Padahal itu penting dan harus dibiasakan. Untungnya lidah dan mulut ini ciptaan Allah, kalau buatan pabrik mungkin sudah berkali-kali ganti.

Kadang mengeluh itu muncul,  mengapa tidak seperti saya dulu yang selalu mengingat kosa kata baru, ilmu baru. Akhirnya bila ada yang sakit saya lagi yang pidato berbagai pesan sponsor dan iklan meluncur deras.
Padahal sudah selalu diingatkan dan diajari dari membiasakan buang sampah di tempatnya hingga cuci tangan dan kebersihan lainnya.

Jadi kesimpulannya bila ingin tetap sehat, lakukan pola hidup sehat, pecegahan lebih baik daripada pengobatan dengan membiasakan:

1. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline