Lihat ke Halaman Asli

Benedikta DindaDian

Mahasiswa Fisip UAJY

Mengintip Kompas.com sebagai Portal Berita Layak Baca

Diperbarui: 7 September 2020   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangkapan layar: tribunnews.com

Kompas.com merupakan salah satu situs berita yang cukup terkenal di Indonesia. Kompas.com sudah ada sejak tahun 1995 dan tergabung dalam Kompas Gramedia. 

Pada awalnya harian Kompas membuat situs berita online bernama Kompas online. Namun setelah perkembangannya berita online beralih nama menjadi kompas.com.

untuk menjadi sebuah berita yang baik tentu harus memenuhi nilai atau kriteria dari sebuah berita. Mengapa demikian? Hal ini karena berita akan dilihat dan dibaca oleh khalayak luas maka dari itu berita yang disajikan juga harus terpercaya dan berbobot.

Yuk kita bahas apakah kompas.com sudah memberikan berita yang baik dan bernilai!

Sebelum membahas lebih jauh mari kita ingat lagi apa saja kriteria yang harus dipenuhi dalam sebuah berita. Kriteria berita ada 6 yaitu digital,hiperteks, interaktif, jaringan, virtual dan simulasi.

Digital

Digital merupakan proses perubahan semua data menjadi angka. Data tersebut kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk foto, rekaman video, dan lain-lain. dalam hal ini kompas.com sudah memenuhi kriteria karena telah menyertakan gambar dalam artikelnya.

Salah satu foto di berita Kompas.com/Foto:Tangkapan Layar kompas.com

Namun tidak hanya gambar saja tapi juga disertai video. Hal ini karena khalayak cenderung lebih suka dengan artikel memilih gambar dan video.

Salah satu video di berita kompas.com/ Foto: tangkapan layar kompas.com

Tujuannya agar para pembaca bisa mendapat gambaran dari artikel berita yang ditulis dan juga bisa menjadi bukti bahwa berita tersebut benar adanya.

Hypertekstual

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline