Lihat ke Halaman Asli

Bayu Fitri

Penulis

Pemasaran Digital Membuat Produk UMKM Mendunia

Diperbarui: 18 Desember 2022   08:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaku UMKM dengan perangkat digital | sumber freepik.com

Pelaku UMKM menjadi garda terdepan perekonomian bangsa Indonesia. Hal ini sudah tak terbantahkan lagi. Terbukti ketika pandemi Covid 19 menghantam seluruh dunia, sebagian pelaku UMKM tetap bisa survive. Bahkan ada yang berjaya memanfaatkan situasi pandemi.

Setelah pandemi usai, pelaku UMKM pula yang pertama muncul bertumbuhan bak jamur di musim hujan. Seolah tidak kenal kata menyerah, jiwa wirausaha pelaku UMKM menjadi tahan banting menghadapi berbagai situasi dan kondisi.

Seperti teman dekat Saya yang seolah mendapat durian runtuh ketika pandemi terjadi dua tahun lalu. Sebelum pandemi teman Saya adalah pelaku UMKM makanan sehat untuk orang diet. Omsetnya terbilang lumayan mengingat persaingan masih sedikit namun peminatnya cukup tinggi.

Ketika pandemi melanda omset penjualan makanan sehat meningkat pesat. Adanya permintaan menu rantangan dari keluarga yang harus menjalani isolasi mandiri menjadi penyebab utama.

Akhirnya teman Saya memperluas jenis makanan sehatnya. Makanan sehat yang dijual tidak hanya ditujukan untuk orang diet namun bisa juga diorder untuk orang yang masa pemulihan dari sakit sampai orang yang isolasi mandiri akibat terpapar covid.

Saat ini situasi pandemi sudah mulai mereda. Ini artinya permintaan makanan sehat khususnya untuk orang atau keluarga yang "isoman: sudah jarang. Supaya usaha makanan sehatnya tetap berjalan maka teman Saya giat memasarkan produknya melalui media digital.

Berbgai sarana media digital seperti media sosial dan You Tube menjadi saluran pemasaran digital yang terbukti efektif bagi pelaku UMKM

Berkah Digitalisasi Bagi UMKM

Di era digital seperti saat ini, semua bisa dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu. Bagi pelaku UMKM menggunakan media pemasaran berbasis digital adalah keharusan.

Pengenalan pemasaran digital terus digaungkan oleh berbagai pihak. Salah satunya pembinaan dari lembaga pembiayaan keuangan Bank seperti Bank BRI. Alasannya karena lembaga pembiayaan bank juga sudah beralih menggunakan layanan digital. Selain itu BRI melalui produk dan layanannya yangs emakin mudah mempunyai target melakukan pembinaan dan pembiayaan pada pelaku UMKMsampai pelosok negeri.

Keuntungan Pemasaran Digital

Tujuan pemasaran digital tidak melulu supaya jangkauan pangsa pasar meluas. Pemasaran digital juga bisa menjadi ajang branding pelaku UMKM.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline