Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Berkebun di Lahan Terbatas, Bikin Asri dan Menguntungkan

Diperbarui: 10 November 2021   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Siapa bilang berkebun membutuhkan lahan yang luas? Kita masih bisa kok menyalurkan hobby berkebun walaupun lahannya sempit atau terbatas. Seperti yang terlihat di Dukuh Pandansari, Kali Wlingi, Brebes. Diatas sebuah tambak ikan dengan rumah bambu yang asri tampak rimbun tanaman jambu air. Rumah milik Taufik (40) sangat asri dan sejuk sangat memanjakan mata. Siapapun yang memandang pasti ingin mampir dan berteduh. 

Dok. Pribadi

Sang pemilik yang mempunyai hobby berkebun sudah dua tahun ini bertanam berbagai jenis jambu air. Sadar memiliki keterbatasan lahan untuk menyalurkan hobby nya karena rumahnya disekitar tambsk, dia punya inisiatif berkebun dalam bentuk pot. Puluhan pot besar berjejer rapi disepanjang tracking yang dibuat mengelilingi rumah. Dengan bentuk tanaman yang tidak terlalu tinggi, buahnya lebat menjadikannya komoditi yang menguntungkan untuk dibudidayakan. 

Dok. Pribadi

Berkebun didalam pot ternyata sangat menguntungkan. Selain mudah dalam merawatnya juga hasil buahnya. Dalam hal panen ternyata bisa direkayasa sehingga bisa berbuat setiap saat. Ternyata sangat menguntungkan bagi pemiliknya karena bisa setiap hari panen. Hasil panen dengan memetik sendiri dihargai 15.000 / kg. Apalagi posisi rumahnya berada di sekitar kawasan wisata mangrove Pandansari sangat strategis, sehingga setiap hari selalu ramai. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|}




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline