Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Sekularisasi Agama: Kant, Hegel, Feuerbach, dan Nietzsche

Diperbarui: 12 Agustus 2019   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat Sekularisasi Agama

Tulisan di Kompasiana ini adalah ekskursus memberikan beberapa latar belakang tambahan tentang argumen-argumen non-teologis selama abad ke -19, yang, dalam satu atau lain cara, kritis terhadap teologi tradisional dan teisme tradisional: Immanuel Kant, Georg Hegel, Ludwig Feuerbach, dan Friedrich Nietzsche. 

Semua pemikir ini memiliki kesamaan kritik terhadap teologi tradisional;   berpengaruh bagi perkembangan teologis pada abad ke -20, meskipun dengan cara yang berbeda.

Hanya dua dari mereka, Feuerbach dan Nietzsche, yang menganggap diri mereka ateis dan melihat tujuan terang-terangan dari argumen filosofis mereka dan tulisan-tulisan mereka yang diterbitkan dalam kritik pedas dan dahsyat terhadap agama Kristiani dan agama. Baik Kant maupun Hegel tidak memiliki niat seperti itu,   tentang konsekuensi teologis yang tepat dari sistem filosofisnya, tampaknya cukup jelas  sikapnya terhadap agama Kristiani tidak, dengan cara yang jelas, polemik atau bermusuhan.

 Mengapa mereka cocok dengan sebutan 'kritik terhadap teisme'; Jawabannya adalah keduanya menawarkan tantangan yang kuat untuk asumsi lama tentang cara berpikir tentang Tuhan yang harus dilakukan, dan tantangan inilah yang dalam banyak hal telah mendefinisikan bidang untuk setiap keterlibatan intelektual serius dengan Tuhan selama abad ke- 20.

Mungkin perlu ditekankan  pemikiran masing-masing orang ini sangat kompleks, dan ide-ide mereka telah dikembangkan dalam begitu banyak dan tulisan yang berbeda sehingga jenis ringkasan yang akan saya berikan hanya sedikit menyesatkan. Pembacaan lebih lanjut, dalam hal apapun, disarankan, dan untuk sisanya   membatasi diri saya dengan sangat ketat dan tegas pada pandangan mereka tentang Tuhan.

Immanuel Kant   (lahir 22 April 1724, Konigsberg , Prusia [sekarang Kaliningrad, Rusia]   meninggal 12 Februari 1804, Konigsberg), filsuf Jerman yang bekerja secara komprehensif dan sistematis dalam episteme (teori pengetahuan), etika, dan estetika,  mempengaruhi semua filsafat berikutnya, terutama berbagai aliran Kantianisme dan idealisme. Kant adalah salah satu pemikir terkemuka Pencerahan dan bisa dibilang salah satu filsuf terhebat sepanjang masa. Dalam dirinya terdapat tren-tren baru yang telah dimulai dengan rasionalisme (penekanan alasan ) dari Rene Descartes dan empirisme (pengalaman yang menekankan) dari Francis Bacon . Karena itu ia meresmikan era baru dalam pengembangan pemikiran filosofis. Kant tinggal di provinsi terpencil tempat ia dilahirkan seumur hidupnya. Ayahnya, seorang pelana, menurut Kant, keturunan seorang imigran Skotlandia, meskipun para sarjana tidak menemukan dasar untuk klaim ini; ibunya, seorang wanita Jerman yang tidak berpendidikan, sangat luar biasa untuk karakter dan kecerdasan alaminya. Kedua orang tua adalah pengikut setia cabang Pietris dari gereja Lutheran , yang mengajarkan   agama milik kehidupan batin yang diekspresikan dalam kesederhanaan dan kepatuhan terhadap hukum moral. Pengaruh pendeta mereka memungkinkan bagi Kant  anak keempat dari sembilan anak tetapi anak tertua yang masih hidup   untuk mendapatkan pendidikan.

Pada usia delapan tahun Kant memasuki sekolah Pietist yang diarahkan oleh pendetanya. Ini adalah sekolah Latin , dan mungkin selama delapan setengah tahun ia ada di sana  Kant memperoleh cinta seumur hidupnya untuk klasik Latin, terutama untuk penyair naturalistik Lucretius. Pada 1740 ia mendaftar di Universitas Konigsberg sebagai mahasiswa teologi. 

Tetapi, meskipun ia menghadiri kursus teologi dan bahkan berkhotbah pada beberapa kesempatan, ia terutama tertarik matematika dan fisika Dibantu oleh seorang profesor muda yang telah belajar Christian Wolff.

Seorang penyusun sistematika filsafat rasionalis, dan yang juga seorang yang antusias terhadap sains Sir Isaac Newton, Kant mulai membaca karya fisikawan Inggris dan, pada 1744, memulai buku pertamanya, Gedanken von der wahren Schatzung der lebendigen Krafte (1746; Pikiran tentang Estimasi Sejati dari Pasukan Hidup ), berurusan dengan masalah mengenai kinetik kekuatan. 

Meskipun pada saat itu ia telah memutuskan untuk mengejar karir akademis, kematian ayahnya pada tahun 1746 dan kegagalannya untuk mendapatkan jabatan pengurus di salah satu sekolah yang terhubung dengan universitas memaksanya untuk mundur dan mencari cara untuk mendukung dirinya sendiri.

Immanuel Kant. Immanuel Kant   adalah yang tertua dari empat tokoh ini, tetapi   meletakkan fondasi pemikiran penting sampai saat ini. Dia mungkin salah satu filsuf Eropa terakhir yang teologinya terjalin erat dengan filsafat sehingga, dalam arti tertentu, gerakan filosofisnya secara keseluruhan memiliki dimensi teologis yang kuat; menemukan pandangan teologisnya secara khusus dalam tulisannya yang terlambat tentang Agama di dalam Batasan Alasan Sendiri .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline