Lihat ke Halaman Asli

Intip Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia

Diperbarui: 15 September 2020   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : https://prezi.com

Internet memberikan dampak yang sangat besar dalam berbagai bidang tak terkecuali pada bidang jurnalisme. Lalu apa sebenarnya jurnalisme itu? Apakah jurnalisme online dengan jurnalisme multimedia memiliki perbedaan? So, Let's talk!

What do you think about E- Journalism??

E-Journalism atau jurnalisme online merupakan sebuah laporan jurnalistik yang menggunakan teknologi internet sebagai media karena mudah, cepat dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. E- journalism adalah jurnalisme yang memproduksi konten digital meliputi audio, video dan teks diproduksi secara eksklusif untuk dihadirkan dan diproduksikan melalui WWW sebagai elemen grafis dari Internet (Widodo, 2020, h.21)

E-Journalism atau jurnalisme online menyiarkan berita yang sama dengan TV maupun koran akan tetapi lebih mengedepankan kecepatan pemberitaan.(Fachruddin, 2019) Jurnalisme media online lebih diminati oleh khalayak. Sejatinya jurnalisme online tersebut bisa dikatakan sebagai jurnalisme masa depan beberapa orang dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi bahkan memungkinkan orang membeli beberapa perangkat pendukung seperti notebook, laptop, gadget dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga masyarakat mulai beralih dari media cetak ke media online.

Beberapa ciri E-Journalism

- Bersifat real time 

Berita dapat secara langsung dipublikasikan pada saat peristiwa tersebut berlangsung.

- Dari sisi penerbit, relatif leluasa 

Penerbit mampu mempublikasikan secara langsung tanpa dituntut dengan periodisasi atau jadwal penerbitan sehingga pembaca mendapat     informasi lebih mudah,sering,cepat dan ter update.

- Isi publikasi lebih luas ketimbang jurnalisme tradisional

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline