Lihat ke Halaman Asli

Karateristik Media Baru dalam Portal Berita Online Times Indonesia

Diperbarui: 8 September 2020   04:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

/realitaituaneh.blogspot.com

New Media ?

New media atau biasa disebut media baru merupakan media yang terintregasi atau saling terhubung satu dengan yang lain (Widodo, 2020). Ciri khas utama new media yakni mengandalkan pada jaringan internet sebagai media distribusi pertama pesan-pesan yang ada dalam media tersebut (Tosepu, 2018). Munculnya internet membuat keberadaan media online lainnya berkembang kian pesat, beberapa bentuk media baru yakni adanya komputer, virtual game, virtual shop, dan masih banyak lagi. Banyak media lama yang sudah tidak menarik dan masyarakat sudah mulai beralih pada media baru.

Era digital yang semakin maju membuat banyak media mengandalkan teknologi internet sebagai wadah untuk berkembang. Salah satu perkembangan teknologi dirasakan oleh kehadiran surat kabar online. Industri surat kabar lambat laun mulai dengan cepat beradaptasi dengan teknologi. Inovasi terus dilakukan hingga semua dilakukan secara online dengan adanya bantuan teknologi digital.

Salah satu bentuk surat kabar atau portal berita online yakni TIMES Indonesia. TIMES Indonesia merupakan portal berita online yang mulai muncul pada tahun 2015. TIMES Indonesia resmi membuka jaringan berjumlah 220 di berbagai daerah di seluruh Indonesia serta 4 portal di mancanegara. Nah, sebenarnya TIMES Indonesia sudah menerapkan karakteristik media baru didalamnya. Karakteristik media baru dibagi menjadi enam.

Yuk simak 6 karakteristik media baru serta kaitannya dengan TIMES Indonesia!

1. Salah satu surat kabar digital

Portal berita online TIMES Indonesia sudah menerapkan digitalisasi dengan menggabungkan beberapa media seperti foto disertai teks bahkan menggunakan platform media lain seperti youtube untuk mengabarkan berita. Adanya konsep new times yakni mengabarkan berita terkini serta new era atau era baru mengabarkan berita dengan konsep digital.

Dalam media baru, digital merupakan konten yang bisa diolah sekaligus diakses dengan perangkat digital seperti komputer.

 2. Interaktivitas

 Interaktive merupakan salah satu karakteristik dalam media baru yang membuat penggunanya menjalin komunikasi dua arah dan saling memberikan feedback berbeda dengan media konvensional yang menjadikan pembaca pasif dan tidak bisa menerima pesan dari penulis begitupun sebaliknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline