Lihat ke Halaman Asli

Taufiq

Mahasiswa UIN RM Said Surakarta. Founder enviropedia.

Menjadikan UMKM Naik Kelas Melalui Transformasi Corporate Social Responsibility (CRS) PT Bank Rakyat Indonesia Persero) Tbk

Diperbarui: 21 Desember 2022   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  Lokasi BRI Kartasura Kabupaten Sukoharjo yang berada di pasar Kartasura, (Dok.Pri)

Pandemi Covid 19 lalu telah menghancurkan banyak industri dan usaha pada semua level. Survei yang dilakukan Bank Indonesia menyebutkan 87,5 Persen UMKM Indonesia terdampak pandemi Covid-19 dari sisi laba, arus kas dan pendapatan.  Dari jumlah tersebut, 93,2 persen terdampak pada sisi penjualan (1).

Dampak terhadap UMKM tersebut sangat terasa bagi perekonomian nasional dikarenakan kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 60% dan menyerap tenaga kerja sebesar 97%. Artinya, lebih dari 97%  dari 144 juta tenaga kerja di Indonesia atau 140 juta bekerja pada sektor UMKM terdampak pandemi Covid 19. Jumlah yang sangat besar yang berdampak pula pada anggota keluarga.(2)

Empat Program BRI

Untuk membantu UMKM bisa survival dari gelombang covid tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan program mulai dari pendampingan, konsultasi bisnis, dan program corporate social responsibility (CSR), termasuk melaksanakan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) untuk merelaksasi kredit UMKM. Saya teringat, bahwa beberapa teman penulis yang usahanya (catering, jual ikan, bengkel) terpuruk akibat covid terbantu dengan relaksasi kredit ini.

Program yang telah dilakukan BRI untuk mendorong keberlanjutan UMKM pada pandemi covid19. Ada empat program yang dilaksanakan:

1. Pendampingan dan konsultasi bisnis dari 38 ribu tenaga pemasar (Relationship Manager, RM)  di seluruh Indonesia. RM berfungsi sebagai konsultan dan pendamping UMKM dalam restruksturisasi pinjaman sehingga bisa lancar.

2. Membantu penjualan produk UMKM melalui ekosistem yang telah terbentuk di Indonesia Mall. Perlu diketahui bahwa indonesia Mall adalah platform digital untuk memfasilitasi UMKM binaan BRI.Melalui platform digital ini maka produk UMKM dapat menjangkau pasar yang luas.

3. Pelatihan dan pendidikan online dilakukan Rumah Kreatif BUMN (RKB) melalui aplikasi UMKM smart. Sudah ada 19 pelatihan dilakukan secara online.

4. Program CSR melalui penyaluran dana  sebesar Rp 37,25 miliar. Contohnya program pembagian 50 ribu paket sembako melalui Agen BRILink.

 

  Lokasi BRI Kartasura Kabupaten Sukoharjo yang berada di pasar Kartasura, (Dok.Pri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline