Lihat ke Halaman Asli

ARIF ROHMAN SALEH

TERVERIFIKASI

SSM

3 Wanita Cantik Ini Sukses Mengcover Lagu "Ramadan" Maher Zain

Diperbarui: 22 April 2021   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maher Zain saat melantunkan lagu Ramadan versi Arab. Sumber: screenshot/YouTube

Bulan Ramadan disamping memperbanyak ibadah kebaikan juga identik dengan lagu religi. Lagu yang mengarah pada terminologi tentang ajaran agama, Tuhan dan rasulnya, jalan kebenaran, serta  refleksi hidup.

Menganggit tentang lagu religi, seribu sayang melupakan sosok Maher Zein. Sebagai bintang musik Islam modern, sosok ini memiliki multitalenta sebagai penulis lagu, komposer, penyanyi, sekaligus produser.

Pria asal Swedia ini telah menelurkan 3 album studio Thank You Allah (2009), Forgive Me (2012), dan One (2016). Mengemas 2 album mini Love Will Prevail (Song for Syria, 2013), dan Ramadan - EP (2013).

Penyanyi ganteng kelahiran Tripoli (Lebanon, 16 Juli 1981) ini juga menelurkan sinematografi Insya Allah Ada Jalan (2012). Pencapaian luar biasa dan tidak semua seniman musik religi mampu mencapainya.


Mini Album Lagu Ramadan

Dikutip dari wikipedia, lagu religi Ramadan (2013) berlabel EP (Extended Play) adalah rekaman yang mengandung lebih dari satu track atau singel tetapi terlalu pendek untuk menjadi album. Biasanya, sebuah EP memiliki 4-7 lagu (sekitar 10-30 menit).

Lagu Ramadan menjadi istimewa karena rilis dalam 4 bahasa, yaitu Arab, Inggris, Melayu, dan Turki. Jelas menunjukkan bahwa lagu ini banyak diminati pecinta musik religi Islami di dunia. Merambah Timur Tengah, Eropa, hingga Asia.

Di kanal YouTube, lagu unggahan Awakening Music pada 7 tahun silam telah lebih 7 juta kali ditonton (Versi Inggris), dan 69 juta lebih (Versi Arab). Mendapatkan "like" sebanyak 727 ribu.

Totalitas Maher Zein sebagai penulis, komposer, penyanyi, dan produser lagu terlihat dari kemauannya mengeksplorasi dan mengekploitasi seni musik yang ada di dunia.

Kolaborasi dengan komposer Mesir, Turki, dan lainnya memperkaya karya musik. Alhasil, lagu-lagu religi Maher Zain tidak hanya dominan pada piano, biola, dan rebana khas musik Arab.

3 Penyanyi Cantik yang Sukses Mengcover Lagu Ramadan

Pertama, Nada Sikkah. Hijaber cantik bersuara merdu ini adalah pecinta shalawat. Kecintaannya pada lantunan shalawat nabi berkat dorongan sang Ayah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline