Lihat ke Halaman Asli

Aris Heru Utomo

TERVERIFIKASI

Penulis, Pemerhati Hubungan Internasional, kuliner, travel dan film serta olahraga

Perbaiki Puasa Ramadanmu Apabila Ingin Sukses Puasa Media Sosial

Diperbarui: 31 Maret 2024   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Kompas Muda

Di bulan Februari lalu, saat suasana pemilihan presiden (pilpres) sedang ramai-ramainya, saya perhatikan beberapa orang teman saya selalu uring-uringan atau terlihat kesal wajahnya setiap kali melakukan scrolling di media sosial. Tidak jarang terlontar makian saat matanya menatap layar ponselnya.

"Saya kesal saja setiap kali membaca komentar si A, ngakunya dari lembaga survey tapi partisan. Komentarnya selalu menjelek-jelekkan paslon yang tidak didukungnya," ujar seorang teman saya ketika ditanya kenapa terlihat kesal setiap kali membaca informasi dari media sosial (medsos).

"Sebenarnya sih gak apa-apa kalau si A itu terang-terangan mengaku sebagai pendukung paslon tertentu. Tetapi dia selalu menolak bila dikatakan mendukung paslon tertentu dan lebih senang disebut profesional, tidak berpihak," ujarnya lebih lanjut

"Profesional Ndasmu!!!," gerutunya kemudian

Saya hanya tersenyum mendengar keluhannya dan kemudian berbisik kepadanya "mungkin kamu lelah dan dipenuhi perasaan tidak menyenangkan saat bermedia sosial".

Ia hanya diam saja ketika mendengarkan perkataan saya. Saya pun mencoba memahami perasaan sang teman yang tak bisa dipisahkan dari medsos.

Sebenarnya bukan hanya teman-teman saya saja yang lekat dengan medsos, banyak masyarakat Indonesia lainnya yang kerap tidak dapat dipisahkan dari medsos karena telah terbukti memudahkan kehidupan mereka, seperti untuk berbelanja, berinteraksi dengan orang lain, hingga mencari teman.

Medsos juga dapat digunakan untuk bisa berkomunikasi jarak jauh dengan mudah dan murah. Bukan hanya itu, medsos juga dapat digunakan sebagai sumber informasi, tempat ekspresi diri, membantu komunikasi tanpa mengenal tempat, dapat dijadikan peluang bisnis, mengisi waktu luang, dan membangun jaringan (networking).

Data dari We Are Social, tercatat ada 139 juta identitas pengguna medsos di Indonesia pada Januari 2024 atau setara 49,9% dari total populasi nasional.

Data tersebut juga memperlihatkan bahwa dari seluruh pengguna internet di Indonesia yang berusia 16-64 tahun, mayoritas atau 90,9%-nya tercatat memakai Whatsapp.  Instagram menempati posisi kedua dengan proporsi pengguna 85,3%, diikuti Facebook 81,6%, dan TikTok 73,5%. Kemudian yang menggunakan Telegram ada 61,3%, dan X (dahulu Twitter) 57,5%.

Di balik manfaatnya, penggunaan medsos secara berlebihan ternyata bisa memuunculkan dampak negatif sepetti memicu perasaan cemas, depresi, dan kesepian hingga menyebabkan kecanduan bermedia sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline