Lihat ke Halaman Asli

Arini yusriza

UIN Suska Riau

Peran Mahasiswa Geografi dalam Menyikapi Digitalisasi bagi Para Kewirausahaan untuk Pengusaha Bisnis Kecil, Menengah, dan Besar

Diperbarui: 18 April 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pergembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, para pengusaha pun harus dapat beradapatasi dalam perubahan zaman sekarang ini. Salah satu perkembangan teknologi yang terasa adalah pengunaan digital. 

Para pengusaha besar tentu sudah familiar terhadap hal tersebut dan tidak ada kesulitan untuk mengakses dan menggunakan digital seperti saat ini. dapat diketahui beda hal dengan pengusaha yang masih merintis usahanya belum famiiliar terhadap digital dan sedikit mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi, mau pun akses penggunaannya.

Ditambah lagi dengan kiemajuan teknologi , penggunaan internet meninggkat hingga 70%, penggunaan vidio streaming  pun meningkat sampai 20 kali lipatan dan penggunaan alat komunikasi yang berbasis aplikasi pun sudah mulai meningkat berdasarkan data Word EconomiI Forum. Hal tersebut menunjukkan pada situasi apapun peran digitalisasi akan terus ada dan semakin di butuhkan pada zaman sekarang ini.  

Dalam dunia bisnis seperti saat harus menguasai peran digital agar bisa beradaptasi supaya tetap bertahan dan mampu bersaing di era digitalisasi.Para pelaku bhisnis dapat menggunakan digital untuk terus mengeksporasi mengembangkan bisnis para pengusahaan, yang sangat berpengaruh terhadap penghasilan dan tentu berharap semakin banyak yang menggenal produk para pembisnis di kalangan globalisasi saat ini. 

Perlu dipahami bahwa digitalisasi ini adalah bentuk transformasi digital yang mengubah cara berkomunikasi setiap orang yang berinteraksi dengan lingkungan sekarang. Selain itu juga para pelaku kewirausahaan dalam digitalisasi mampu terhadap perubahan baru dalam mengoperasikan organisasinya, menyusun strategi bisnis, menciptakan aktivitas baru, dan terbuka dengan vulue dan peluang yang baru.

Sudah banyak pengusaha yang beralih ke penggunaan digital untuk bisnisnya. Usaha tersebut bergerak di bidang jasa, dan publik. Karena semakin menguatkan kebutuhan digital, maka banyak peluang bagi para pembisnis dalam pengembangan produk atau jasanya dan layanan lainnya sebagai pelengkap. 

Digital ini menarik bagi para pengusaha karena dapat digunakan dalam proses produksi, pemasaran, hingga distribusi layanan yang mampu lebih efisien juga menjangkau para pelanggan. Kemudian dengan adanya digital juga mampu mempermudahkan komunikasi, komputasi, dan kolaborasi. digital ini merupakan seperangkat alat, teknologi dan sistem digital minsalnya pencetekan 3D atau komunikasi online.

Sumber : Handoko, H.T.2003. Manejemen.Yokyakarta: Penerbit BPFE.

                   Kumalaningrum, M. p. (2012). Lingkungan Bisnis, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi  Pasar, dan Kinerja Usaha Makro,                              Kecil dan Menengah. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis ,7(1), 45-49.

                   Manap Abdul.2003. Manejemen Kewirausahaan Era Digital.Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline