Lihat ke Halaman Asli

Di negeriku Hutan Tumbuh Begitu Indah

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

(UluMa)

Ulu Masen. Penamaan Hutan Ulu Masen diambil dari nama gunung Ulu Masen yang terletak di  Kecamatan Sanpoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Ulu Masen dianggap mampu mewakili satu kawasan ekosistem Penamaan Hutan Ulu Masen diambil dari nama gunung Ulu Masen yang terletak di hutan di bagian utara Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Nama Ulu Masen sendiri diambil dan diputuskan oleh komunitas yang diwakili oleh Imum Mukim Kabupaten Aceh Jaya, yaitu sebuah kesepakatan yang dilakukan pada pertemuan mukim pada tahun 2003 di Melaboh dan Banda Aceh. Hutan Ulu Masen merupakan kombinasi yang lengkap antara hutan daratan rendah dan hutan daratan tinggi,, Hutan ini mungkin tak setenar Leuser yang sudah ditetapkan sebagai taman nasional. Namun, Ulu Masen menjadi penting ketika setengah luas hutan ini menghidupi tujuh belas sungai besar di Provinsi Aceh.. Keanekaragaman hayati Ulu Masen juga telah menjadikan hutan tersebut sebagai penyedia jasa lingkungan yang bernilai ekonomi tinggi, sebagai penyedia sumber air, pencegah banjir dan erosi, pembangkit tenaga listrik, produksi karbon, sumber hasil hutan bakau, kayu, sumber perikanan air tawar, pengendali hama, sumber ilmu pengetahuan dan parawisata..

Ulu Masen sangat kaya dengan keanekaragaman hayati yang menjadikan hutan ini sebagai penyedia jasa lingkungan yang bernilai ekonomi tinggi dan dibutuhkan oleh masyarakat Aceh.

Sumber:( http://mapala-je.blogspot.com/2007/12/tajaga-ulu-masen-ta-pelindong-ie.html)  sedikit perubahan Dan dari Berbagai sumber.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline