Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Memanfaatkan Waktu Liburan Sekolah dengan Berkarya

Diperbarui: 28 Maret 2019   02:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Salah satu sahabat karib saya pernah memberi komentar begini pada saya: 

"Ri, kamu ini kerja udah sama anak-anak, liburan juga masih saja ya sama anak-anak, apa ga bosen? "

Saya menanggapi dengan senyum dan menyahut "Iya ya, kerja bertemu murid-murid kecilku, liburan sekolah bersama keponakan-keponakan kecilku. Duniaku selalu dikelilingi anak-anak"

Mencintai dunia anak, bukan hal yang semata-mata ada dalam diri saya. Ada proses yang cukup panjang. Ada masa dalam kehidupan saya, tidak bisa dekat dengan anak-anak. Saya bahkan merasa selalu direpotkan saat bersama mereka.

Menjelang akhir masa perkuliahan saya, banyak acar seminar pendidikan saya ikuti. Tema-temanya juga berkaitan dengan Pendidikan Anak. Selain itu, saya jiga terlibat dalam aktivitas rutin bersama anak-anak seminggu sekali menjelang akhir masa kuliah saya. Jadi tidak ada yang kebetulan. 

Singkat cerita, dari sekian banyak lamaran pekerjaan yang saya kirimkan seusai masa kuliah, menjadi guru anak-anak adalah kesempatan pertama saya menapaki dunia kerja. Jadi, saya pun mulai dekat dengan anak-anak. Selain itu, ketiga kakak saya mulai mempunyai anak-anak kecil. Masa liburan sekolah tentu saja saya bersama keponakan-keponakan kecil saya. 

Keponakan saya dengan hasil karya liburan bersama saya. Photo by Ari

Ini kisah saya bersama mereka saat melewatkan masa liburan sekolah. Sebagai guru anak-anak, saya sudah terbiasa dengan aktivitas membuat prakarya. Salah satunya seni melipat kertas atau origami. Saya mengajak keponakan-keponakan saya berkreasi bersama. 

Karya pertama kami adalah membuat bunga kertas menggunakan kertas lipat. Mereka sangat antusias. Saya mengajarkan cara-cara melipat kertas yang paling sederhana terlebih dahulu. Mereka mengikutinya dengan penuh semangat. 

Bunga kertas hasil aktivitas origami. Photo by Ari

Mereka melipat kertas dengan bentuk hati, lalu menyusunnya menjadi bunga. Setlah itu, ditempelkan di kertas lainnya, dengan ditambahkan bentuk batang dan daunnya. Hasil karya mereka bisa dilihat pada foto di atas.

Keponakan saya ada dua yang usia SD, sehingga lebih semangat mengerjakannya  bersama-sama. 

Hasil karya menempel bunga 1. Photo by ari

Saling memberi semangat saat salah satunya mulai merasa lelah atau bosan. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline