Lihat ke Halaman Asli

Komunikasi

Diperbarui: 12 Oktober 2016   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Perencanaan komunikasi berasal dari dua kata yang memiliki arti yang berbeda. Yakni, “perencanaan” dan “komunikasi” .perencanaan adalah sebuah  pemikiran yang matang terhadap semua hal dan tindakan yang akan dilakukan diwaktu dan masa yang akan datang. Sedangkan komunikasi adalah sebuah interaksi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam melakukan perbincangan atau pertukaran informasi secara lisan maupun non lisan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi yang dimaksud dengan  perencanaan komunikasi adalah serangkaian tindakan  tentang bagaimana suatu kegiatan komunikasi harus dilakukan agar kegiatan komunikasi tersebut berjalan sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan. Perencanaan komunikasi  dapat dijadikan dasar untuk melakukan komunikasi sosial dalam lingkungan masyarakat, contohnya seperti memperkenalkan dan memasarkan suatu produk.

Dalam melakukan perencanaan komunikasi ada beberapa tahap yang harus di lewati, yakni sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi masalah
  • Merumuskan tujuan yang akan dicapai
  • Menetapkan perencanaan operasional
  • Menyusun rencana evaluasi, dan
  • Merekomendasikan komunikasi tersebut.

Dalam proses identifikasi masalah, kita perlu mengumpulkan fakta-fakta dan sumber informasi tentang sasaran komunikasi yang akan dituju, agar komunikasi yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan mudah dipahami oleh komunikan atau pendengar. Misalnya jika kita akan berkomunikasi pada lingkungan masyarakat hendaklah kita memakai bahasa-bahasa yang umum bukan bahasa-bahasa formal yang digunakan dalam situasi atau kondisi tertentu.

Selain itu, untuk menunjang  keberhasilan  dalam melakukan perencanaan komunikasi, maka kita perlu memahami beberapa hal yang terdapat dalam suatu kegiatan komunikasi antara lain sebagai berikut:

  • Komunikator, yaitu orang yang akan menyampaikan suatu informasi maupun pesan dalam kegiatan tersebut.
  • Pesan, yaitu sesuatu yang akan dibahas atau disampaikan baik berupa informasi maupun ide.
  • Media yaitu seluruh alat yang digunakan sebagai sarana komunikasi
  • Komunikan atau yang  biasa disebut dengan audience, yaitu pihak pendengar yang menrima informasi dan pesan yang disampaikan.
  • Umpan balik yaitu respon dari komunikan atau pendengar terhadap informasi dan pesan yang diterimanya.

Jadi komunikator dan komunikan harus bekerja sama dengan baik agar pesan dan informasi yang disampaikan oleh komunikator lebih mudah dipahami oleh komunikan.

           wassalam..................




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline