Lihat ke Halaman Asli

Ardanik Hatinawati

User Experience Researcher

The Big Bad Wolf; Surganya Para Pecinta Buku

Diperbarui: 27 Oktober 2016   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(doc. instagram exploresurabaya)

Pertama kali saya mendengar judulnya, saya merasa agak asing dengan namanya.  Saya mendapat informasi ini minggu lalu dari salah satu grup line saya. Katanya ini adalah pameran buku terbesar yang diobral dengan harga sangat murah. Diskonnya mencapai 80% ! Tapi, kalau ditilik lebih dalam dan mengartikan judul event ini per kata, artinya adalah Serigala Besar Jahat. Okelah lanjut saja.

Pameran buku terbesar ini dimulai tanggal 20 Oktober 2016 pukul 09.00 dan akan diakhiri pada tanggal 31 Oktober 23.00 dan diselenggarakan di Jatim Expo Surabaya. Pameran ini merupakan sister event dari BBW Jakarta yang dibuka untuk umum dan nonstop total selama kurang lebih 278 jam! Sejak saya menerima informasi ini, saya berusaha mencari celah ditengah - tengah kesibukan UTS dan tugas yang menumpuk untuk menyempatkan datang ke pameran ini. Akhirnya, tepat kemarin di hari ke 7 saya bersama 3 orang teman mengunjungi pameran ini.

Belanja Buku di BBW Surabaya

Jangan lupa untuk mengambil keranjang. Ini sangat dibutuhkan apalagi mengingat harga buku yang super duper murah untuk kategori buku impor (meskipun buku dalam negeri juga sangat murah harganya). Saat memasuki interior dari Jatim Expo, kita tidak disuguhkan seperti toko buku biasanya. Tidak ada komputer atau mesin pencari lain untuk membantu kita mencari buku yang diinginkan. Kita harus menelusuri tiap stan untuk menemukannya. Atau cara mudahnya kita bisa menelusuri per kategori, misal "Romance" , "Reading" , "Literature" , "Self Help" dan sebagainya. Menelusuri BBW Surabaya, bagian pertama setelah pintu masuk sebelah kanan kita dapat menemukan buku - buku lokal di bagian Mizan. Kemudian dilanjut "Self Help" , "Economics/Business" "Architecture" hingga kategori terakhir sebelum kasir adalah "Cookery". Sebenarnya masih banyak kategori yang belum saya sebutkan, maklum kategori sangat banyak, hehehe.

Saat akan membayar dikasir, ada pelayan yang akan menanya kita membayar menggunakan apa karena pilihannya cash atau debit/kredit menggunakan atm Mandiri. Sebagai sponsor dari BBW Surabaya, bank Mandiri menawarkan pembayaran menggunakan ecash. Sayangnya saya tidak membawa kartu Mandiri saya. For your information, kasir tidak menerima kartu debit/kredit lain selain Mandiri. Jadi siapkan uang cash yang cukup untuk membayar belanjaan anda. Akhirnya saya membayar cash tanpa diskon tambahan. Sehingga sang pelayan mengarahkan untuk membayar di kasir no 1 -5. 

Saat akan meninggalkan lokasi, kita akan melewati bagian poster. Poster - poster impor ini juga dibandrol dengan harga yang lumayan. Oh ya! Jangan kaget! Sebelum melangkah keluar dari pameran, akan ada petugas yang memeriksa struk dan kantong belanjaan kita.

Secara keseluruhan, belanja di BBW Surabaya sangat menyenangkan tetapi membuat pusing kepala. Bagaimana tidak pusing? Saya menghabiskan waktu berjam - jam untuk memilih buku yang akan saya beli, karena tidak membawa uang lebih hehehe. Banyak pilihan buku menarik disana. Mungkin saya akan kembali lagi weekend ini sebelum event ini berakhir. 

Ada cerita yang sangat menarik sebelum saya menutup tulisan ini adalah ketika saya bersama teman sedang menunggu teman yang lain memilih buku, secara tidak sengaja saya melihat kerumunan orang berfoto dengan mantan pejabat negeri ini. Yak! Beliau adalah Bapak Dahlan Iskan sang mantan menteri BUMN pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Beliau berpesan kepada kami untuk selalu dan terus membaca buku juga menulis! Bulan ini beliau telah menulis 1 novel, bulan lalu 2 novel. Wah.... Saya menjadi termotivasi atas pesan yang beliau sampaikan. Banyak sekali keuntungan yang saya peroleh kemarin. Dapat buku murah bonus foto dengan Pak Dahlan Iskan pula! 

Dokumentasi Pribadi

Sampai jumpa pada tulisan selanjutnya!



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline