Lihat ke Halaman Asli

Annisa Yulhaidir

Mahasiswa yang ingin lulus

Berbagi Pengalaman bersama Siswa Mengenai Pembelajaran Daring Selama Pandemi

Diperbarui: 2 Agustus 2021   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pandemi yang melanda termasuk juga negara Indonesia sudah terjadi hampir 2 tahun lamanya. Hal itu akhirnya mempengaruhi banyak sektor yang ada di Indonesia seperti pada sektor perekonomian, sektor kesehatan dan juga tentunya pada sektor pendidikan. Sektor pendidikan mengalami guncangan dalam proses pembelajaran, sehingga hal itu menyebabkan proses pembelajaran harus dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Namun dalam proses pembelajaran tersebut ditemukan beberapa kendala dikarenakan perlu adanya penyesuaian dari Pelajaran Tatap Muka (PTM) dikelas lalu dialihkan pada proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  Adapun kendala lainnya dari pembelajaran jarak jauh (PJJ), yaitu: waktu pembelajaran menjadi berkurang sehingga guru tidak dapat memenuhi beban jam mengajarnya, guru mengalami kesulitan komunikasi dengan orang tua sebagai pembimbing peserta didik di rumah, belum semua orangtua bersedia dan mampu mendampingi anak belajar di rumah karena ada tanggung jawab yang lain seperti urusan kerja dan urusan rumah, orangtua mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran dan memotivasi anak saat mendampingi belajar di rumah, peserta didik mengalami kesulitan untuk konsentrasi dalam belajar dari rumah dan mengeluhkan banyaknya penugasan soal dari guru, meningkatnya rasa stress dan jenuh akibat isolasi di rumah secara berkelanjutan berpotensi menimbulkan rasa cemas dan depresi bagi anak, akses ke sumber belajar baik disebabkan karena masalah jangkauan listrik atau internet, maupun dana untuk aksesnya, kurangnya pemahaman orang tua terhadap teknologi masa kini dan guru yang kurang menguasai teknologi sehingga metode dan media ajar untuk anak menjadi kurang menarik dan membosankan.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tujuan mengabdi pada masyarakat khususnya di bidang pendidikan. Dalam rangka menjalankan program KKN, saya selaku mahasiswi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan program pendampingan pembelajaran pada siswa. Membantu guru dalam menyiapkan media. Adapaun fokus dalam program pendampingan pembelajaran yaitu pada siswa. Program pendampingan pembelajaran yang dilakukan berupa membantu anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Membuat Vidio pembelajaran yang menarik guna membantu anak agar tertarik dalam pembelajaran. Agar adanya inovasi pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline