Lihat ke Halaman Asli

Aksi Nyata CGP Modul 1.1

Diperbarui: 27 Juni 2022   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara Kepemimpinan dalam Pembelajaran

REFLEKSI

sumber ilustrasi : Foto aksi nyata

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Penerapan Pemikiran

Ki Hajar Dewantara

 Berdasarkan proses kegiatan Pembelajaran dan hasil kegiatan Pembelajaran, saya membuat suatu kesimpulan bahwa dengan mererapkan pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam mengajar yakni belajar dengan menuntun menambah pemahaman saya tentang kodrat alam dan kodrat zaman yang di miliki anak didik saya yakni memberikan kemudahan bagi saya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman serta kemampuan yang mereka miliki . Anak didik saya sangat senang dalam belajar karena mereka dapat mengaplikasikan pemahaman mereka dalam bentuk praktek kegiatan yang di kerjakan mandiri, serta kegiatan membantu teman yang belum paham .

 Setelah pembelajaran selesai muncul beberapa ide baru yaitu:

  • Membuat kesepakatan sebelum pembelajaran untuk di gunakan dalam setiap pembelajaran
  • Bersama siswa menyusun jadwal penyiapan alat pembelajaran
  • Bersama siswa Menyusun jadwal damping kegiatan praktek siswa yang paham membantu yang belum paham
  • Bersama siswa membuat buku catatan hambatan dan kesulitan dan cara penyelesaiannya
  • Bersama siswa membuat catatan kemajuan dalam pembelajaran

 Dalam kegiatan pembelajaran pada saat aksi nyata siswa melakukan pembiasaan baik yaitu dengan cara membaca 10 menit sebelum pelajaran dimulai sebagai literasinya. Kegiatan berikutnya mengingat Kembali pembelajaran sebelumnya untuk mengingat jika pada pertemuan sebelumnya masih ada pertanyaan yang belum di sampaikan dan menjadi unek-unek siswa kegiatan selanjutnya menjelaskan tujuan pembelajaran hari itu dan menjelaskan apa saja kegiatan yang akan dilalui. 

Adapun kegiatan pembelajaran waktu itu adalah Menyusun daftar akun perusahaan dagang . dalam kegiatan ini siswa sudah terlebih dahulu menyelesaikan tugas pada pertemuan sebelumnya yaitu Menyusun daftar Langkah membuat identitas perusahaan . Sebelum kegiatan praktek dimulai Bersama siswa menentukan kelompok, kemudian setiap kelompok akan duduk secara berdampingan kiri, kanan, depan belakang.

 Dalam proses pembelajaran ini, siswa bebas Menyusun Langkah-langkah membuat daftar akun perusahaan dagang dengan mempraktekkan Langkah-langkah yang telah mereka buat, dalam kegiatan praktek ini yang kegiatannya mirip dengan kegiatan orang bekerja dalam perusahaan sesuai dengan kesepakatan awal siswa dapat memutar musik daerah dari salah satu perangkat boleh laptop maupun HP, penggunaan HP sendiri untuk memudahkan komunikasi antar siswa dimana Langkah yang mereka buat dapat di tampilkan di grub w akelas, delain itu untuk mendokumentasi apabila ada Langkah yang salah dan membutuhkan menyelesaian Bersama di dalam kelas.

 Ada beberapa point yang saya anggap positif dalam pembelajaran ini adalah:

  • Siswa belajar tertib, berbudaya, dan berkarakter
  • Siswa antusias mengikuti pembelajaran
  • Siswa mudah menerima materi pelajaran
  • Dengan saling membantu dalam menyelesaikan praktek siswa semakin paham kegiatan pembelajaran yang harus mereka selesaikan
  • Siswa dapat berbagi pengalaman apabila mereka pernah melakukan kesalahan dalam mempraktekkan Langkah-langkah mereka akan mencari solusi penyelesaian Bersama-sama.
  • Kegiatan pembelajaran yang Interaktif dan terarah
  • Siswa semakin Inovatif dalam pembelajaran
  • Menumbuhan karakter positif dalam pembelajaran
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline