Lihat ke Halaman Asli

Tim PkM Fakultas Ekonomi USM Menumbuhkan Wawasan Marketing Public Relations pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Kelurahan Bulusan

Diperbarui: 2 Mei 2024   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim PkM Universitas Semarang (USM) membantu menumbuhkan wawasan marketing public relations pada Tim Penggerak PKK di Kelurahan Bulusan /dok. pri

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) membantu menumbuhkan wawasan marketing public relations pada Tim Penggerak PKK di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada hari Senin tanggal 29 April 2024.

Tim PkM ini terdiri atas Ketua Dr. Dra. Nunik Kusnilawati, MM, anggota Anandha, S.S., M.Pd. dan Nining Hidayah, S.E., M.M. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Fakultas Ekonomi USM.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dibuka secara langsung oleh Lurah Kelurahan Bulusan, Rukayah, S.E., yang berharap semoga kegiatan pengabdian ini memberikan terobosan bagi para anggota PKK di Kelurahan Bulusan untuk memasarkan produk mereka.

Kegiatan diawali dengan penjelasan, diikuti sesi tanya jawab. Dalam pemaparannya, Nunik mengatakan bahwa, untuk dapat berproses menjadi wirausahawan tangguh dan handal, diperlukan hard skills dan soft skills.

"Marketing public relations diperlukan sebagai pengetahuan untuk membuka wawasan bagi setiap wirausaha agar dapat berkembang, karena pengetahuan tentang marketing public relations akan menunjang kesuksesan dalam memproduksi dan memasarkan produk."

Dengan kegiatan menumbuhkan wawasan tentang marketing public relations, diharapkan masyarakat menjadi tahu bagaimana cara dan pentingnya menjalin hubungan dengan konsumen agar mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga akhirnya mampu memasarkan produk atau jasa dengan spesifikasi dan standart sesuai kebutuhan konsumen.

Dalam sesi tanya jawab, para peserta banyak menanyakan mengenai marketing public relations, tentang pentingnya membangun jejaring dengan konsumen atau konsumen potensial. Selain itu, Tim PkM juga memberikan paparan guna mendorong pemanfaatan media sosial untuk kepentingan produktif terkait usaha yang dimiliki anggota PKK Kelurahan Bulusan.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini diisi dengan memberikan contoh-contoh pemanfaatan media sosial untuk menunjang kegiatan usaha, memberikan pemahaman tentang pentingnya update media sosial yang dimiliki agar menghasilkan jejaring yang produktif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline