Lihat ke Halaman Asli

Alfief fajar

Pelajar SMA

Apakah Pantas One Ok Rock Menjadi Band Rock Terbaik Jepang?

Diperbarui: 26 Januari 2020   02:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Belakangan ini berita musik tanah air sedang di hebohkan dengan berita tentang konser salah satu band rock terbaik Jepang yaitu One Ok Rock. Band ini dikabarkan akan konser di Jakarta pada bulan Mei. 

Konser ini bukan merupakan penampilan One Ok Rock yang pertama di Indonesia melainkan yang ketiga kalinya. Jumlah fans yang besar membuat band ini kembali melakukan konser di Indonesia. 

Konser ini merupakan rangkaian dari " Eye of the Storm Asia Tour 2020 " yaitu tour untuk album terbaru dari One Ok Rock yaitu "Eye of the Storm". Tetapi apakah kalian tahu siapakah One Ok Rock itu? Mari kita bahas dalam artikel ini.

One Ok Rock merupakan grup band rock yang berasal dari Jepang. Band ini dibentuk di Tokyo pada tahun 2005. Pada awal dibentuknya grup band ini beranggotakan 5 orang, yaitu Toru sebagai gitaris, Ryota sebagai bassis, Tomoya sebagai drummer, Taka sebagai vokalis dan Alex sebagai gitaris. 

Tetapi pada tahun 2009 Alex memutuskan keluar karena terlibat pelecehan seksual. Dan sampai sekarang One Ok Rock masih bertahan dengan 4 anggota lainnya.

Grup band ini memiliki sejarah unik dalam pembuatan nama band mereka. Penamaan band One Ok Rock ini berasal dari frasa one o'clock atau dalam bahasa indonesia jam satu tepat. 

Nama tersebut diambil karena pada awalnya mereka selalu melakukan latihan pada pukul 01.00 dini hari. Tetapi karena dijepang pelafalan huruf 'L' memiliki kesamaan dengan 'R' maka one o'clock dibaca dengan one o'crock, yang lama kelamaan pelafalannya dipisah menjadi One Ok Rock. 

Dan menurut beberapa sumber One Ok Rock juga dapat dilambangkan dengan angka 10969 atau dibaca one-o-kyu-roku-kyu, mirip dengan pelafalan One Ok Rock. Hal ini dibuktikan dengan akun media sosial semua anggota One Ok Rock mencantumkan 10969 dalam usernamenya.

Dalam kurun waktu 14 tahun One Ok Rock telah merilis 150 lagu versi jepang dan internasional. Dalam pembawaan lagu OOR mempunyai ciri khas tersendiri, sehingga memudahkan untuk mengingat semua lagunya. 

OOR mencampurkan ciri khas Jepang dengan musik Internasional. Hal ini membuat lagu lagu OOR mudah diterima oleh masyarakat internasional, sehingga memudahkan OOR untuk go Internasional. 

One Ok Rock juga mengisi soundtrack beberapa film, yang paling terkenal adalah 3 seri film Rurouni kenshin. Sehingga tidak aneh jika One Ok Rock dikatakan sebagai salah satu grup band rock terbaik Jepang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline