Lihat ke Halaman Asli

Alfiandi Mulyadih

Service Food Beverages dan Freelancer Desain Grafis Digital Printing

Podcast Melatih Public Speaking

Diperbarui: 12 Juli 2022   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi.

Melatih Public Speaking dengan cara Podcast

Ternyata asik dan seru juga jadi pembawa acara podcast bareng tim anak bimbingan dari channel youtube sastra Indonesia Universitas Pamulang. Walaupun hanya sekedar obrolan kemudian direkam, ternyata sensasinya berbeda dengan mengobrol biasa tanpa direkam.

Podcast atau siniar sendiri diartikan sebagai konten audio yang menggunakan jaringan internet (Radika dan Setiawati, 2010). Dari siniar kita bisa berbicara banyak, mengeluarkan pendapat yang terpendam tetapi juga harus bisa mengontrol ungkapan emosional yang bisa merugikan pihak lain.

Banyak ilmu yang bisa diambil dari kegiatan siniar ini, salah satunya melatih public speaking (retorika). Kemampuan berbicara bisa dilatih, walau hasil akhirnya mungkin tidak sehebat Pak Soekarno Presiden pertama Indonesia. Namun, banyak manfaatnya.

Berikut adalah manfaat podcast untuk meningkatkan public speaking:

1. Meningkatkan kemampuan berbicara

Seorang host atau pembawa acara harus berlatih agar materinya dipahami oleh pendengar. Mulai dari gaya bicara, perbendaharaan kata juga harus lebih banyak, variatif, intonasinya yang tepat dan tidak boleh salah melafalkan istilah asing karena akibatnya bisa fatal.

2. Membantu berpikir kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan otak untuk mencari cara yang dapat digunakan untuk memecahkan atau mengatasi permasalahan dengan cepat dan tepat. Menyajikan konten spesial dan menarik membuat seseorang mampu memilih kata-kata dan cara menyampaikan dengan sesuai. Hal ini tentunya dapat melatih pikiran untuk terus positif.

3. Membantu untuk berlatih fokus

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline