Lihat ke Halaman Asli

Benarkah Tsu Media Sosial Membayar? #ThinkAgain

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14207716301707974551

[caption id="attachment_389569" align="aligncenter" width="600" caption="Tampilan halaman muka tsu.com/kompasiana"][/caption]

Belakangan ini ada banyak teman yang menurut saya sudah masuk kategori spamming on facebook wall. Ini karena Tsu sosial media yang baru diluncurkan pada July 2013 'menjanjikan' akan membayar penggunanya dengan dollar. Mereka mendeklarasikan hanya akan mengambil 10% dari keuntunganya untuk maintanance and their own profit sementara 90% akan dibagikan pada pengguna.

Ada yang menganggap pendiri Tsu Sebastian Sobczak sebagai orang yang berambisi 'menginjak' Facebook seperti yang dilakukan oleh Google terhadap Yahoo. Ada pula yang menganggap Tsu akan menjadikan Facebook sebagai the next Friendster. Dan masih banyak lagi kalimat positif penuh ambisi yang luar biasa menjual.

Dalam artikel ini saya tidak akan menghakimi Tsu scam atau tidak, tapi mari kita bahas dengan logika sederhana dan saya sangat berharap teman-teman mampu menyangkal pendapat saya -ini karena saya juga bermimpi Tsu benar-benar membayar.

Google vs Yahoo

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin memang sempat sesumbar akan mengalahkan Yahoo. Sejarah membuktikan keduanya berhasil dan saat ini menjadi search engine nomer satu di dunia. Tapi apakah Google berhasil menyingkirkan Yahoo? BIG NO.

Saat ini masih banyak orang menggunakan Yahoo Mail. Yahoo kemudian lebih populer dikenal untuk membuat email, sementara Google dikenal sebagai search engine. Meski sebenarnya keduanya sama-sama memiliki fitur tersebut.

Jauh sebelum ada BBM, Whatsapp, Line, Wechat, Facebook dan lainya, Yahoo sudah punya YM sebagai aplikasi chat pertama yang pernah ada dan bisa digunakan di handphone bebasis symbian serta dekstop.

Jauh sebelum kita mengenal facebook, Yahoo sudah punya group untuk komunitas dengan nama Yahoo Group. Di dalamnya kita bisa share sesuatu dan saling balas komentar seperti di Facebook group.

Tentunya masih banyak lagi fitur yang dimiliki Yahoo seperti news, finance, dan lainya yang lebih populer dibanding Googe. Soal YM dan Yahoo Group saya tau persis karena pernah beberapa tahun sangat dekat dengan dua produk sosial media tersebut. Jika kemudian ada orang yang menganggap Google mengalahkan Yahoo, saya rasa itu karena mereka masih bocah di jagad maya yang baru tau internet dan sosial media setelah adanya Facebook dan Twitter. Lalu masih relevan kah menyamakan Tsu dan Facebook dengan Google yang mengalahkan Yahoo? #ThinkAgain

Tsu Akan Jadikan Facebook Sebagai The Next Friendster

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline