Lihat ke Halaman Asli

Faisol

TERVERIFIKASI

Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Butuh Bimbingan Pemerintah untuk Menumbuhkan UMKM di Pedesaan

Diperbarui: 27 Juni 2022   05:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi berjualan, membuka warung kelontong (Dok. Shutterstock/Maharani Afifah via Kompas.com)

"Pandemi yang berlangsung selama dua dekade ini memang tidak bisa kita pungkiri telah menumbangkan sistem perekonomian di negara kita, sehingga sangat perlu bagi pemerintah untuk terus melakukan inovasi baru dalam rangka memulihkan dan menumbuhkan sistem perekonomian untuk kesejahteraan bersama"

Semangat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memang harus didorong penuh sebagai upaya untuk meningkatkan sistem perekonomian kita lebih baik lagi.

Pasalnya, di tengah degradasi perekonomian kita, perintah sudah berupaya keras untuk memudahkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal.

Pinjaman modal yang sudah lebih dari 1 Triliun selama tahun 2021 merupakan bentuk geliat ekonomi untuk menumbuhkan dan mengembangkannya.

Disamping itu pula ada banyak bantuan pemerintah yang sudah tersalurkan seperti bantuan presiden dan bantuan-bantuan lainnya dari kementerian sosial.

Sedikit cerita dari kami, memang kita ketahui banyaknya bantuan dari pemerintah yang sudah tersalurkan ke masyarakat, namun hal tersebut masih belum dikatakan merata, mengapa kami katakan demikian? 

Karena melihat fakta dilapangan, khususnya di daerah kami, yakni Desa Pondokrejo, kecamatan Tempurejo, kabupaten Jember dengan jumlah penduduk mencapai 7000 jiwa, dengan pendapatan kurang lebihnya 50.000 per KK, masih menunjukkan perekonomian yang bisa dikatakan lemah.

Inilah pentingnya membangun UMKM sebagai salah satu solusi untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Di samping berjualan, masyarakatpun bisa membuat produk sendiri baik yang berjangka panjang, menengah maupun pendek.

Untuk mewujudkan hal tersebut apa yang seharusnya kita lakukan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline