Lihat ke Halaman Asli

Ekologi Manusia (Pengaruh Manusia Terhadap Ekosistem dan Lingkungan)

Diperbarui: 6 Mei 2024 Β  20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.Artinya setiap makhluk hidup dan lingkungannya saling mempengaruhi.Ekosistem mempunyai dua komponen penyusunnya yaitu komponen biotik dan komponen abiotik sob.Komponen biotik adalah makhluk hidup itu sendiri, karena tanpa makhluk hidup suatu ekosistem tidak akan pernah ada.Namun komponen abiotik merupakan bagian benda yang mempengaruhi kelangsungan suatu ekosistem, seperti air dan sinar matahari.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, ekosistem tidak dapat dipisahkan dari makhluk hidup, termasuk manusia.Manusia dalam suatu ekosistem mempunyai pengaruh yang besar terhadap keseimbangan ekosistem. Ada dampak positif dan negatifnya.Kali ini saya akan menjelaskan dampak manusia terhadap ekosistem dan keseimbangannya. Hei, ayolah!

( π˜Ώπ˜Όπ™ˆπ™‹π˜Όπ™† π™‹π™Šπ™Žπ™„π™π™„π™ π™ˆπ˜Όπ™‰π™π™Žπ™„π˜Ό π™π™€π™π™ƒπ˜Όπ˜Ώπ˜Όπ™‹ π™€π™†π™Šπ™Žπ™„π™Žπ™π™€π™ˆ)

1.π™‹π™€π™‰π™‚π™€π™ˆπ˜½π˜Όπ™‰π™‚π˜Όπ™‰ π™Žπ™π™ˆπ˜½π™€π™ π˜Ώπ˜Όπ™”π˜Ό π˜Όπ™‡π˜Όπ™ˆ

Pengembangan sumber daya alam merupakan salah satu perilaku manusia yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan.Misalnya membatasi perluasan kota yang berlebihan dan membangun kawasan hijau.Dengan bantuan hal-hal tersebut, lingkungan dan ekosistem dapat menjadi lebih indah, sehat, dan nyaman untuk ditinggali.

2.π™ˆπ™€π™‰π™‚π™π™π˜Όπ™‰π™‚π™„ π™†π™Šπ™‰π™Žπ™π™ˆπ™Žπ™„ π™Žπ™π™ˆπ˜½π™€π™ 𝙀𝙉𝙀𝙍𝙂𝙄

Ada dua jenis sumber energi, ada yang terbarukan dan ada pula yang tidak terbarukan.Ketika sumber energi tak terbarukan seperti air, mineral, dan logam habis, diperlukan waktu lama untuk memulihkannya.Oleh karena itu sobat dapat mengurangi konsumsi energi dengan menghemat air.

3.π™†π™€π™ƒπ™„π˜Ώπ™π™‹π˜Όπ™‰ π™π™‡π™Šπ™π˜Ό π˜Ώπ˜Όπ™‰ π™π˜Όπ™π™‰π˜Ό π™π™€π™π˜Όπ™‹ π™π™€π™π™…π˜Όπ™‚π˜Ό

Makhluk hidup di dunia tidak hanya manusia saja, ada juga hewan dan tumbuhan yang harus dijaga kelestariannya.Tindakan terkecil yang dapat dilakukan seseorang adalah dengan menanam berbagai tanaman di rumah.Selain itu, dengan menghentikan perburuan ilegal, masyarakat mempengaruhi pertumbuhan jumlah hewan tertentu. Dengan demikian, satwa tidak menjadi langka atau punah sehingga menjaga keseimbangan ekosistem.

( π˜Ώπ˜Όπ™ˆπ™‹π˜Όπ™† π™‰π™€π™‚π˜Όπ™π™„π™ π™ˆπ˜Όπ™‰π™π™Žπ™„π˜Ό π™π™€π™π™ƒπ˜Όπ˜Ώπ˜Όπ™‹ π™€π™†π™Šπ™Žπ™„π™Žπ™π™€π™ˆ)Β 

1.π™†π™Šπ™‰π™Žπ™π™ˆπ™Žπ™„ π™Žπ™π™ˆπ˜½π™€π™ π˜Ώπ˜Όπ™”π˜Ό π˜Όπ™‡π˜Όπ™ˆ π™”π˜Όπ™‰π™‚ π˜½π™€π™π™‡π™€π˜½π™„π™ƒπ˜Όπ™‰

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline