Lihat ke Halaman Asli

W Agung Sutanto

Sambang agar Sambung

Bu RT

Diperbarui: 8 Maret 2023   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dokpri 

Wanita hebat dari setiap lapisan ada. Mulai dari tingkat RT sampai pusat pemerintahan. Yang kadang tersorot media menjadi viral. Padahal mereka jadi motor penggerak yang mampu menjadi pembangkit kebaikan di lingkungan berada.

Sosok sederhana banyak memegang kendali. Telah banyak sepak terjangnya. Tak layak bila memandang sebelah mata. Janganlah remehkan mereka. Layaknya bionik woman yang mampu bekerja melebihi pria kebanyakan.

Bisa membidik pada Bu RT- ku yang sudah tak ragu dengan sepak terjangnya yang mampu mengangkat potensi warga. Dengan kegesitan dirinya sudah diakui warga. Hingga sampai Jakarta mempresentasikan usaha warga. Berupa kegiatan UMKM yang dikelola.

Tak heran bila saat ini wilayah kerja Bu RT telah mampu menjadi zona percontohan warga RT lain. 

Lebih terasa kepedulian dengan penanganan ibu hamil yang harus dilakukan dalam rangka mencegah anemia. Ibu -ibu dikondisikan untuk menanam ubi jalar. Yang daunnya untuk dikonsumsi untuk penanggulangan.

Dalam kiprahnya itu Bu RT bergerak energik di lapangan. Juga eksis menggerakkan warga dalam home industri. Pembuatan kripik singkong hasil kebun. Ibu -ibu dikondisikan dengan kegiatan yang mampu menghasilkan nilai ekonomi keluarga.

Termasuk juga pengembangan kesehatan dan kepentingan warga. Pengadaan jamban dan MCK yang sehat.

Kehebatan itu yang menjadikan setiap pergantian kepemimpinan selalu Bu RT tetap menjabat. Otomatis Pak RT itu selalu dijadikan sebagai pengurus abadi.

Kegiatan olahraga setiap Kamis sore. Senam sehat ibu yang dilakukan dengan mengundang instruktur. Kadang juga oleh warga yang sudah lihai gerakannya. Sungguh meriah gerak mereka. Hal ini menjadi media untuk berolahraga dan sekaligus membangun rasa  kompak sesama warga.

Tak henti disini. Gerak dan maju untuk kebaikan semua. Senantiasa tebar dan suburkan kegiatan warganya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline