Lihat ke Halaman Asli

agung hantoro

Banana Hunter

Aksara Jawa Riwayatmu Kini

Diperbarui: 3 Desember 2021   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

apa yang terlintas di dalam benak anda ketika mendengar aksara jawa? sulit. ruwet. kuno. mungkin benar anggapan anda. aksara jawa merupakan salah satu tulisan yang sulit di dunia. keberadaan aksara jawa sendiri sudah ada sejak lama ada. bahkan ada anggapan bahwa ada kesamaan antara aksara jawa dengan huruf palawa yang banyak ditemukan di manuskrip hindu di india.

aksara jawa yang merupakan suatu karya adiluhung peninggalan dari nenek moyang bangsa indonesia dan khususnya masyarakat jawa. aksara jawa memang memiliki tingkat kesukaran yang kompleks. maka tidaklah heran generasi sekarang merasa sulit untuk mempelajari. meskipun di dunia pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah diterapkan, namun pada kenyataannya tidak bisa optimal hasilnya. 

apabila fakta ini dibiarkan berlarut-larut kemungkinan besar dalam beberapa tahun yang akan datang eksistensi aksara jawa akan benar-benar punah. perlu kiranya tindakan nyata dari pemerintah untuk mengupayakan agar jangan sampai hilang keberadaannya. perlu adanya kerjasama yang solid antara pihak yang terkait agar aksara jawa bisa tetap lestari. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline