Lihat ke Halaman Asli

Otak Reptil, Limbik dan Neokorteks pada Manusia.

Diperbarui: 4 Februari 2018   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.sciencephoto.com

Menurut Winkel, Belajaradalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

 dalam belajar otak merupakan alat yang mengolah suatu informasi yang kita lihat, dengar ataupun rasakan  menjadi sebuah pemahaman. Suatu informasi dapat diterima dan diolah oleh otak  sehingga dapat disebut dengan berfikir itu butuh alur atau proses.

Menurut Paul D.Maclean dengan konsepnya triune brain, mengatakan bahwa otak manusia dalam perkembangannya dibagikan menjadi tiga, yaitu otak reptil, otak limbik, dan otak neokorteks.

Otak reptil atau sang penjaga. Otak ini terletak paling belakang di otak kita ia berupa batang yang menghubungkan otak dengan tulang belakang. Otak reptil berfungsi mengatur gerak reflek dan keseimbangan pada tubuh manusia. Otak inilah yang memerintahkan kita untuk bergerak saat jika terjadi bahaya ataupun melidungi kita dari bahaya fisik. Otak reptil akan aktif apabila orang merasa takut, setres, terancam marah atau saat lelah. Pada saat otak reptil aktif, orang tidak dapat berfikir. yang berperan adalah insting dang langsung bergerak.

Layaknya sang penjaga, yang menjaga pintu gerbang.jika kita dapat memuasankan otak reptil, ia akan membuka pintu masuk arus informasi ke bagian otak berikutnya. Sang penjaga akan terpuaskan jika lingkungan disekelilingnya nyaman.

Otak limbik atau sang pengatur. Otak ini berfungsi sebagai pengendali emosi. Membantu mempertahankan keseimbangan hormonal, rasa haus dan lapar, dorongan seksual,pusat kesenangan dan metabolisme. Otak ini untuk melakukan sesuatu selalu melibatkan emosi yang mendalam.

Otak neokorteks sang pemikir. Otak ini merpakan 80% dari otak kita, Tugas otak ini adalah berfikir, berbicara, melihat, dan mencipta. Otak ini adalah tempat dari kecerdasan kita.

Jadi  triune brain ini adalah saluran informasi, jadi pertama informasi masuk ke otak reptil, apabila otak reptil terpuaskan informasi masuk kedalam otak limbik dan apabila otak limbik terpuaskan informasi tersebut dapat diolah oleh otak neokorteks dalam aktivitas berfikir.

Dan apabila otak reptil tidak terpuaskan, maka informasi yang masuk kedalam otak limbiks dan neokorteks juga tidak sempurna . sehingga dalam proses berfikir juga tidak sempurna. Terus bagaimana cara memuaskan otak reptil???..nantikan artikel.ku selanjutnya...:)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline