Munculnya budaya pop menjadikan masyarakat bersifat konsumtif hanya untuk mengikuti trend budaya pop itu. Budaya pop mendorong masyarakat untuk up to date agar tidak ketinggalan jaman.
Konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat sekarang ini bukanlah apa yang mereka butuhkan, namun apa yang mereka inginkan sehingga setiap orang berbagi satu kesamaan yaitu seragam dalam penggunaan simbol simbol modernitas
fenomena sneakers ini merupakan hasil dari bercampurnya aspek konsumsi dengan identitas, yang identitas itu sendiri terbentuk melalui proses sosial seperti kebiasaan berpakaian,berbelanja dan lain lain.
Masyarakat berlomba untuk tampil semakin up to date. Perkembangan gaya hidup modern menjadikan sepatu bukan hanya sekedar sebagai alas kaki, Namum menjadi sebuah penunjang penampilan atau jati diri seseorang . penampilan seseorang secara langung akan menujukan kelas sosial,profesi serta statusnya. Hal ini dikarenakan dari penilaian oleh masyarakat mengenai sebuah barang dari berbagai macam merek terkenal.
sneakers adalah sepatu ringan yang terbuat dari sol karet. sneakers berasal dari kata sneak yang berarti mengendap endap, sehingga saat digunakan sepatu sneakers ini tidak akan mengeluarkan suara, berbeda halnya dengan sepatu boots atau heels.
jenis sepatu ini menjadi susatu yang tren diindonesia karena banyak di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya pengaruh dari komunitas,kolektor hingga publik figur. pemasaran yang dilakukan untuk menaikan minat pembelipun dikemas sedemikian rupa seperti blogging, jejaring sosial, bookmark sosial, dan berbagai konten.
Munculnya minat beli konsumen tergantung dengan konten pemasaran yang menarik sehingga dapat memunculkan ketertarikan terhadap produk yang di pasarkan tersebut. selain itu sneakers mulai menjamur karena adanya gaya berpakaian dari luar yang bisa dengan mudah di akses melalui alat komunikasi yang menjadikan perubahan gaya sesuai tren menjadi sangat cepat. bahkan banyak ditemui merk sneakers yang beragam dan terkenal didunia. Hal tersebut menandakan bahwa sneakers mempunyai peran yang penting dalam fashion saat ini.
menurut tempo.co, sneakers merupakan salah satu sepatu yang banyak diminati oleh anak muda diseluruh dunia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari data penjualan sepatu sneakres didunia.
Dimana pada tahun 2017 nike berada diurutan pertama dengan keuntungan sebesar USD 21,1 miliar dan kmudian meningkat pada tahun 2018 menjadi 22,2 milliar. Kemudian disusul oleh adidas dengan keuntungan sebesar USD 14,9 milliyar pada tahun 2017 dan USD 14,6 miliyar pada tahun 2018.
saat ini, merek menjadi sebuah standar dalam pembelian suatu produk. Selain dapat menjadikan suatu kebanggaan agar bisa dipamerkan, merek atau produk tertentu juga bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. seperti halnya memakai sneakers inpor Original. orang orang akan cenderung lebih percaya diri karena tidak perlu mengkhawatirkan tentang gaya dan fashion mereka, mereka juga bisa menjadi pusat perhatian orang orang, dan beranggapan selalu mengikuti trend yang sedang merebak. Selain itu , konsumen biasanya akan memilih sepatu yang memiliki citra merek yang bagus dan sudah digunakan oleh banyak orang.
diindonesia, persaingan industri sepatu sneakers juga semakin ketat karena banyak merek sepatu lokal yang mulai berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat seperti compass, ventela,specs,piero,dan league. kualitas produk dalam negri tidak kalah bagus dibandingkan dengan produk produk impor. E-commerce Tokopedia mencatat peningkatan transaksi sepatu lokal walaupun dimasa pandemi covid-19. Banyak merek-merek baru dengan kualitas dan desain menarik serta harga yang cukup terjangkau sehingga tak heran jika sneakers lokal menjadi identitas anak muda zaman sekarang.