Lihat ke Halaman Asli

Aditya Perdana

moviegoer-turn-writer

Alasan Tracking System dalam Proses Pengiriman Barang Penting di Era Digital

Diperbarui: 9 Februari 2021   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konsumen memantau posisi barang melalui tracking system di ponsel (sumber: livemint.com)

Tanpa status tracking, konsumen bisa galau, loyalitas buyar 

Bulan lalu, penulis mendengarkan curhatan dari istri mengenai barang pesanannya yang tak kunjung tiba. Dia mengeluhkan bahwa informasi status posisi barang pada tracking system milik salah satu Penyelenggara Pos atau Jasa Kurir tidak menunjukkan pembaruan.

Padahal, seharusnya hari itu barang tersebut sudah sampai di alamat tujuan sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang dijanjikan, yaitu 2-3 hari.

Keesokan harinya - hari ke-4- pembaruan status posisi barang menunjukkan bahwa kiriman telah diterima di tempat tujuan oleh istri. Permasalahannya adalah dia tidak merasa menerima kiriman tersebut.

Akhirnya, diketahui bahwa barang tersebut dikirimkan ke rumah tetangga. Istri sempat panik karena barang pesanannya adalah tanaman yang beresiko mati/layu bila terlalu lama berada dalam perjalanan. Kecewa, dia menyatakan tidak ingin lagi menggunakan jasa perusahaan tersebut di masa mendatang. 

Pengalaman tersebut mengindikasikan betapa konsumen membutuhkan kepastian terkait status tracking barang yang mereka pesan secara online. Tanpa status tersebut, konsumen bisa menjadi galau. Lebih parah, loyalitas mereka dapat pula terpengaruh. 

Layaknya hubungan dua insan tanpa status yang jelas, maka hubungan tersebut bisa berakhir. Di era digital, fitur tracking menjadi semakin krusial. Status posisi barang dalam proses pengiriman perlu selalu diperbarui dengan tingkat akurasi yang tinggi dan sesuai dengan SLA layanan. 

Tracking System Meningkatkan Transparansi dan Proses Komunikasi dengan Pelanggan

Di era digital, dimana budaya pengiriman barang telah bergeser ke arah tren on-demand delivery dan one-day delivery, peran tracking system dalam mengoptimalkan manajemen pengiriman barang menjadi semakin penting. 

Dalam rangka meningkatkan efisiensi bisnis atau usaha di era digital, penyelenggara pos atau jasa kurir atau penyedia jasa logistik harus memastikan para pelanggan, baik kategori orang perorangan maupun pelaku usaha, untuk selalu mendapatkan pembaruan informasi pengiriman di setiap waktu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline