Lihat ke Halaman Asli

Aditya Octa

Aditya Octa Indrawan

Fenomena Demam Lato-Lato

Diperbarui: 20 Januari 2023   15:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Semakin berkembang nya zaman makan semakin pula teknologi semakin canggih. Tidak dapat dipungkiri, bahwa perkembangan teknologi semakin meningkat. Dengan adanya perkembangan zaman yang semakin canggih, makan teknologi juga ikut berkembang. 

Tentu nya tidak lupa pula, mulai dari bisa belanja secara online, pesan transportasi bisa melalui online dan main game juga pula bisa secara online. Banyak nya anak - anak, maupun remaja hingga orang tua yang senang bermain game dengan secara online, Dengan teknologi mobile handphone yang semakin canggih maka didukung pula adanya game - game mobile yang berkualitas untuk para anak - anak serta remaja untuk bermain. Hingga anak - anak zaman sekarang mereka lupa akan adanya permainan tradisional yang secara turun - temurun adanya dari dahulu yang mesti patut mereka mainkan. 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat dan mudah mendapatkan informasi, tentu nya menjadi hal mudah untuk sekarang mengetahui tren - tren apa saja yang menjadi viral di dunia maya. Terutama dengan demam nya virus bermain lato - lato . 

Lato - Lato menjadi permainan yang tengah digandrungi berbagai kalangan, bahkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski kini tengah menjadi tren di Indonesia, namun ternyata permainan itu sudah dimainkan sejak periode 1960-an. Lato-lato adalah mainan tradisional yang terdiri dari sepasang bola plastik atau karet yang terikat tali, sehingga membentuk bandulan. Pada bagian tengah benang antara kedua bola, terdapat pegangan khusus untuk digunakan pemain ketika menggerakkan lato-lato.

Dalam bahasa Sunda, lato-lato dikenal dengan istilah nok-nok, sedangkan dalam bahasa Jawa disebut sebagai tok-tok. Penamaan tersebut berasal dari suara yang ditimbulkan permainan ini. Meskipun lato - lato merupakan permainan yang sederhana. Akan tetapi memilik manfaat dalam hal menumbuhkan sikap pantang menyerah. Dapat mengoptimalkan gerakan motorik, serta melatih kesabaran dan mengalihkan dari kecanduan gadget. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline