Lihat ke Halaman Asli

Call Center, Strategi Jitu Perusahaan dalam Meningkatkan Loyalitas Customers

Diperbarui: 11 Oktober 2019   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sebuah bisnis dalam Era Industri 4.0, sejatinya lebih berfokus pada dua hal, pertama data sebagai point penting perusahaan, kedua customer sebagai salah satu aset perusahaan. Itulah kenapa, pada akhirnya perusahaan lebih menekankan pentingnya call center sebagai ujung tombak  perusahaan dalam  melayani customer.

Salah satu aset terbesar perusahaan khususnya di Era Industri 4.0 adalah customer.  Sehingga wajar, jika pada akhirnya saat ini customer menjadi begitu mendapatkan perhatian khusus dari manajemen perusahaan. Kenapa, karena selain customer menjadi aset perusahaan, customer pun bisa menjadi salah satu strategi jitu perusahaan dalam menjalankan promosi yang efektif. 

Ada beberapa perbedaan yang mendasar kenapa customer bisa menjadi salah satu ujung  tombak perusahaan dalam soal strategi promosi perusahaan, antara lain sebagai berikut.

(1) Karena customer adalah pihak di luar perusahaan, sehingga pada saat customer merasa puas, hasil yang dia sampaikan kepada pihak ketiga justru menjadi satu hal yang cukup efektif bagi perusahaan. (2) Customer pada dasarnya adalah pihak yang fair dalam menanggapi sebuah masalah yang terkait dengan produk. Jadi ketika mereka puas akan hasil yang di dapatnya, maka sudah barang tentu dirinya akan bisa menjadi loyal customer bagi perusahaan.

Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas itulah yang pada akhirnya manajemen sebuah perusahaan saat ini begitu concern dalam menangani permasalahan yang berhubungan dengan customer baik itu yang namanya call center atau di tempat lain bisa juga namanya customer service.  Pada dasarnya semuanya sama,  fokusnya untuk bisa memberikan hal terbaik bagi tercapainya kepuasan customer secara keseluruhan.

Dimana cara terbaiknya adalah mencoba memaksimalkan  aplikasi Call Center yang sudah  terintegrasi dengan sistem CRM ( www.barantum.com)

Namun diluar itu semua, mungkin yang saat  ini menjadi pertimbangan manajemen perusahaan andalah bagaimana meningkatkan kualitas customer service atau call center agar hasilnya  bisa maksimal.  Dari beberapa referensi yang bisa kita baca. Terutama terkait dengan bagaiaman manajemen mengelola  team customer service agar bisa maksimal pada  intinya bisa di bagi dalam beberapa hal seperti:

Manajemen harus mampu meningkatkan sistem call center dan fungsi customer service sehingga bisa maksimal. 

A. Team call center / customer service mesti meningkatkan interaksi positif terhadap customer. Karena dengan interaksi positif itulah manajemen akan bisa mendapatkan beragam data dan informasi yang relevan.

B.Manajemen mesti melakukan tindakan  yang  bisa memperkuat strategi layanan yang di tujukan kepada customer. Dengan kondisi seperti ini maka team call center/ customer service akan bisa memberikan layanan yang maksimal kepada customer.

C.Divisi call center atau customer service sedapat mungkin bisa melakukan  beberapa tindakan seperti : melakukan pendekatan kepada customer agar interaksi antara perusahaan dengan customer makin baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline