Lihat ke Halaman Asli

Giwangkara7

Perjalanan menuju keabadian

Ongkos Subway dengan Mendaur Ulang Botol Plastik

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

135545400013169143

Bayar kereta bawah tanah dengan mendaur ulang botol plastik? Wah asyik juga tuh. Sekalian menjaga kebersihan lingkungan sekalian untung bisa punya ongkos naik kereta bawah tanah.

Hal ini sedang diujicoba di Subway No. 10 di Beijing, RRC. Dengan mendaur ulang tiga botol plastik maka calon penumpang memperoleh uang sekitar 5 fen -  1 jiao (0,05 yuan - 0,1yuan). Pada tahap ujicoba ini memang terdapat beberapa komentar dari masyarakat, antara lain waktu mesin daur ulang tersebut bekerja yang cukup memakan waktu, setengah menit untuk satu botol, tidak cocok untuk pekerja yang selalu ingin cepat – cepat berangkat/waktu terbatas. Ada lagi yang menginginkan agar direndahkan tempat memasukkan botolnya agar bias dipakai oleh anak-anak.

Konon rencananya akan dipasang 30000 mesin sejenis di seluruh pelosok RRC, terutama di sekolah, pemberhentian bus, pemukiman, dan pusat perbelanjaan.

Yah paling tidak mesin ini dapat membangun cinta lingkungan yang bersih di tengah isu lingkungan hidup yang semakin mengkhawatirkan. Ayoo Jakarta…mana inovasimu?

Sumber http://english.cntv.cn/program/china24/20121213/107900.shtml




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline