Tekno

Bagaimana IoT Berdampak pada Aplikasi Mobile Internet?

12 September 2017   11:20 Diperbarui: 12 September 2017   11:48 186 0 0

Saat ini kita berada di dunia dimana aplikasi mobile mendominasi pasar. Bisa dikatakan bahwa aplikasi mobile telah menciptakan fondasi untuk bangkitnya internet things.mengembangkan aplikasi mobile bukan hanya pilihan yang tepat bagi bisnis untuk mengikuti pesatnya persaingan, namun juga memberikan kemudahan kepada orang orang dari semua lapisan masyarakat.

Mengembangkan aplikasi seluler sama dengan mengembangkan aplikasi web dan berakar pada pengembangan perangkat lunak yang lebih tradisional. Meskipun begitu, ada satu perbedaan penting dan aplikasi seluler sering kali ditulis secara khusus untuk memanfaatkan fitur unik yang ditawarkan perangkat seluler.

Di lingkungan ini, perangkat mobile termasuk tablet,wearable dan tentu saja ponsel pintar berfungsi sebagai antarmuka utama dimana kita bisa berinteraksi dengan perangkat IoT yang berkemampuan. Perangkat mobile sudah diberdayakan dengan sensor dan aplikasi yang bisa mengungkapkan detail informasi mengenai pengguna. Selain informasi geo lokasi, ponsel pintar dan tablet dapat melacak kondisi cahaya, orientasi perangkat dan banyak informasi lainnya. Perangkat mobile hadir dengan banyak pilihan konektivitas, seperti Bluetooth, wifi, seluler, dan NFC yang memungkinkan mereka berkomunikasi dengan sensor dan perangkat lain. Ini adalah kualitas bawaan perangkat seluler yang menempatkan mereka di inti ekosistem IoT.

Teknologi terus memukau saat berkembang dengan cepat. Saat ini ponsel pintar bisa berinteraksi dengan jam tangan cerdas sekaligus band kebugaran untuk memudahkan dan meningkatkan pengalaman pengguna lebih jauh lagi. IoT juga memungkinkan mengoperasikan system akses kantor dari jarak jauh dan bahkan memungkinkan anda memantau pintu garasi dari mana saja. Konektivitas mobile dan sensor built in memperkuat ekosistem IoT.

Manfaat Aplikasi Seluler

  • Aplikasi seluler menawarkan opsi yang jauh lebih cepat daripada web. Penjelajahan web mengharuskan pengguna meluncurkan web browser, memasukkan url dan menunggu situs web dimuat. Namun dalam aplikasi seluler dibutuhkan beberapa detik sejak sebagian besar informasi tersimpan di aplikasi itu sendiri sehingga memungkinkan untuk berfungsi secara offline.
  • Aplikasi meningkatkan keterlibatan pelanggan. Bisnis menggunakan aplikasi untuk meningkatkan proses dan meningkatkan tingkat aksesbilitas. Aplikasi seluler menghubungkan dan berinteraksi dengan pelanggan dan menjadikannya alat yang berharga untuk bisnis.
  • Aplikasi seluler memperkuat merek melalui peningkatan visibilitas. Sebuah aplikasi memberikan lebih banyak kehadiran yang membantu membangun loyalitas dengan pelanggan.
  • Aplikasi menurunkan biaya. Aplikasi meminimalkan biaya pesan SMS dan bulletin kertas. Mereka menyederhanakan komunikasi dengan aman dan langsung mengirim pesan kepada pelanggan. Aplikasi meminimalkan beban kerja staff melalui panggilan telepon dan permintaan informasi.

Sudah saatnya perusahaan pengembang aplikasi dan bisnis berkumpul untuk membuat aplikasi seluler yang ramah dengan IoT. Aplikasi mobile bisa membantu menciptakan mekanisme dimana informasi yang dikirimkan oleh objek melalui sensor terintegrasi akan diterima oleh aplikasi secara real time. Aplikasi seluler telah merevolusi lingkungan seluler dengan memperoleh lebih banyak kekuatan di tangan pelanggan dan lebih banyak bisnis bagi pengusaha. Ada berbagai alasan bagi bisnis untuk menerapkan aplikasi seluler, namun beberapa alasan umum menunjukkan kepada kita relevansi logis pengembangan aplikasi seluler, sebagai berikut :

  • Dunia telah menjadi mobile. Konsumen menggunakan ponsel pintar mereka untuk mencari hampir semua hal. Tidak seperti situs web, aplikasi seluler berkembang sebagai penjelajahan intuitif dan alternative sehingga kehadiran aplikasi seluler tidak dapat dihindari untuk pertumbuhan bisnis.
  • Menjangkau pelanggan secara langsung dimungkinkan dengan aplikasi seluler. Semua informasi, seperti promosi dan penjualan ada diujung jari anda. Melalui notifikasi, anda bisa lebih dekat dan interaksi langsung dan bisa mengingatkan pelanggan tentang layanan dan produk dengan mudah.
  • Visibilitas pelanggan setiap saat. Anda pasti tahu bahwa rata rata orang menghabiskan lebih dari dua jam untuk menjelajah aplikasi di aplikasi seluler setiap hari. hanya beberapa aplikasi genggam yang memenuhi sebagian besar keseluruhan penggunaan.
  • Aplikasi seluler dapat sangat berkontribusi terhadap kesadaran akan merek. Semakin sering anda melibatkan pelanggan dengan aplikasi, semakin cepat mereka cenderung membeli.
  • Dengan obsesi masyarakat terhadap media sosial yang berkembang, mengintegrasikan fitur sosial, seperti suka, komentar, pesan dalam aplikasi dan lebih banyak lagi aplikasi dapat membantu bisnis meningkatkan status sosialnya.
  • Penjualan dan layanan yang lebih baik. Aplikasi seluler mengubah cara membeli dan menjual produk dan layanan. Dan juga telah mengubah cara panda pelanggan dan menemukan cara untuk menganalisis produk sebelum membeli.
  • Aplikasi mobile memudahkan untuk mengumpulkan informasi tentang preferensi pelanggan pada aplikasi. Informasi dapat digunakan untuk menyampaikan konten hasil personalisasi yang relevan dengan konsumen dan untuk membuat keputusan tentang cara meningkatkan aplikasi sesuai dengan perilaku pelanggan.
  • Aplikasi mobile sangat nyaman bagi pelanggan. Biasanya aplikasi dirancang dengan fokus utama pada kegunaan. Aplikasi sebenarnya sebagian besar dirancang untuk menawarkan kegunaan.
  • Aksesbilitas. Aksesbilitas fleksibel aplikasi mobile adalah salah satu alasan utama popularitasnya. Aplikasi seluler dapat diakses 24 jam dalam seminggu di perangkat mana saja dimanapun di dunia ini.
  • Pelanggan dapat tetap terlibat melalui aplikasi seluler melalui berbagai cara, seperti perpesanan di dalam aplikasi yang dapat membuat perbedaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Bila aplikasi seluler dan objek fisik interaktif disinkronkan dengan baik, IoT dapat memberi nilai tambah bagi kita. Saat ini platform open source seperti Samsung dan thread menawarkan alat yang berguna untuk mengembangkan aplikasi yang rama dengan IoT yang berkontribusi pada ekosistem internet.

Tren hari ini akan terus berlanjut di hari hari yang akan datang meliputi :

  • pengusaha wiraswasta dan usaha kecil menengah akan online untuk meningkatkan penjualan. Alat pengembangan aplikasi dan komunitas aplikasi yang hebat membuatnya terjangkau bagi uasaha kecil untuk mencari kehadiran online dengan aplikasi web seluler yang efisien dan sederhana.
  • keamanan adalah kunci. Jumlah besar mode pembayaran online membuat keamanan menjadi tren yang relevan. SSL, enkripsi dan HTTPS yang canggih memastikan bahwa e commerce tetap aman dan dapat dipercaya. Komunitas pengembangan mengantisipasi pertumbuhan proyek perawatan yang melibatkan penegakan privasi, keamanan penyimpanan dan kerahasiaan informasi dan penerbangan yang aman.
  • augmented reality dan smart apps. Aplikasi AR meemiliki beragam kegunaan dan memastikan tampilan komposit melalui penyempurnaan realitas pengguna dengan gambar virtual yang dihasilkan oleh komputer. Keterlibatan pelanggan dan interaktivitas ditingkatkan sehingga meningkatkan produktivitas penjualan dan brand bisnis.
  • Penyebaran cepat untuk bisnis yang lebih besar. Proses bisnis bergantung pada aplikasi mikro yang berbasis HTML, yang membantu operasi mono-fungsional, sederhana dan tertarget. Aplikasi mobile enterprise multi fitur telah efisien dalam kolaborasi dan manajemen proyek.
  • Aplikasi mobile apple yang dikembangkan swift tekah menjadi mode baru baru ini. Aplikasi asli memanfaatkan fitur pemograman lanjutan swift untuk mengembangkan aplikasi berkinerja tinggi yang mengatasi persaingan ketat dari javascript, perl dan objective c.
  • Data dan data mining yang besar mengubah lanskap pengumpulan data dan data analytics. Pakar informasi dan analis teknologi meramalkan bahwa tahun ini merupakan tahun besar aplikasi mobile dan integrasi data yang besar. Data jejaring sosial, sensor gerak dan arus pengguna memfasilitasi penjelajahan penilaian kualitas dan keamanan yang inovatif untuk data besar dalam konteks aplikasi seluler.
  • Cloud dan internet. Aplikasi mobile yang powerful dengan interaksi langsung cloud akan merevolusi lingkungan smartphone. Ponsel yang membutuhkan lalu lintas berbasis aplikasi memori internal dan memori ekksternal sedikit meningkat. Aturan UI/UX terikat untuk berubah dengan integrasi perangkat cerdas, aplikasi instan dan penyimpanan cloud dengan mudah.
  • Pembayaran mobile yang inovatif. Pilihan pembayaran mobile baru untuk mobile commerce dilepaskan melalui merek proprietary, seperti Microsoft, apple, kartu kredit, Samsung, kartu debit, paypal diganti melalui Microsoft wallets dan google dan apple pay dan Samsung pay juga.